Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model Pendidikan Luar Biasa, khususnya model Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB). Pelaksanaan model diketabui dengan cara mengevaluasi komponen program yang telah digariskan dari Depdikbud, di antaranya: (1) komponen makro, meliputi pendataan anak berkelainan, penentuan lokasi dan persyaratan gedung sekolah, (2) komponen mikro, meliputi ketenagaan, kurikulum, alat dan fasilitas pendidikan, kerjasama antar departemen, organisasi kemasyarakatan terkait.
Model penelitian evaluatif, menggunakan pendekatan kualitatif. Terapat penelitian di SDLB Playen dan Pengasih. Pengumpulan data melalui observasi, interviu, dan dokumenter. Teknik analisis data jenis kualitatif, menerapkan pendekatan filsafat positivisme dan rasional, membandingkan kenyataan pelaksanaan program yang sebenarhya di lapangan dengan program yang seharusnya dilaksanakan sebagai kriterium. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pendataan anak berkelainan telah dilaksanakan, walaupun belum sempurna, (2) penentuan lokasi gedung sekolah tidak berdasar populasi anak berkelainan, tetapi dipertimbangkan tersedianya lahan dan memenuhi volume proyek, (3) bangunan gedung sekolah belum memenuhi standart kriteria tempat pendidikan anak berkelainan, (4) tenaga kependidikan di kedua sekolah telah memenuhi kualifikasi yang ditentukan, sedang tenaga non kependidikan belum ad a, (5) pelaksanaan belajar-mengajar mengikuti kalender pendidikan dari Kanwil Depdikbud Propinsi DIY. (6) kerjasama kedua SDLB dengan instansi dan organisasi kemasyarakatan terkait berjalan baik.
First Page
73
Last Page
80
Issue
1
Volume
1
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v1i1.2111
Recommended Citation
Haryanto, Haryanto
(1998)
"Evaluasi Pelaksanaan Model Pendidikan Luar Biasa di SDLB Playen Gunungkidul dan Pengasih Kulonprogo,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 1:
Iss.
1, Article 5.
DOI: 10.21831/pep.v1i1.2111
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol1/iss1/5