Keywords
Political Communication, General Election, Communication Media
Document Type
Article
Abstract
Abstract
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Blitar in the general elections in 2014 gained nine seats compare to seven seats at previous election. The success caused due to synergistic communication engagements between political parties supporters such as Nahdlatul Ulama, Muslimat, Ansor Youth Movement and others. Meanwhile, during the campaign period, political communication of PKB Blitar candicate focus on: image building of candicate, campaign process, and communication media.
Abstrak
Partai Kebangkitan Bangsa di Kabupaten Blitar dalam pemilihan umum 2014 telah berhasil memperoleh 9 kursi. Jumlah tersebut meningkat lebih banyak jika di bandingkan periode sebelumnya yang mendapatkan tujuh kursi. Faktor utama peningkatan kursi karena mampu menjalin komunikasi politik sinergis yang berbasis communication engagement antara aparatus partai politik, organisasi kemasyarakatan seperti Nahdlatul Ulama, Muslimat, Gerakan Pemuda Ansor maupun yang lainnya. Sedangkan proses komunikasi politik yang dilakukan oleh para calon legislatif PKB Kabupaten Blitar dalam melakukan kampanye dengan memfokuskan pada tiga hal utama, yakni: citra calon legislatif, proses kampanye, dan penggunaan media komunikasi.
First Page
115
Last Page
124
Page Range
115-124
Issue
2
Volume
45
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/informasi.v45i2.7987
Source
7987
Recommended Citation
Amirudin, Z. (2015). MODEL COMMUNICATION ENGGAGEMENT DALAM KOMUNIKASI POLITIK CALON LEGISLATIF DALAM PEMILU UMUM 2014. Informasi, 45(2), 115-124. https://doi.org/10.21831/informasi.v45i2.7987
References
Alfian. 1993. Komunikasi Politik dan Sistem Politik di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Allthof, Phillip. Michael Rush. 1995. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Raja Grafindo
Firmasyah. 2008. Mengelola Partai Politik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Nimmo, Dan. 1993. Komunikasi Politik, Komunikator, Pesan dan Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rauf, Maswadi dan Nasrun Mappa. 1993. Indonesia dan Komunikasi Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Schramm, W. 1964. Mass Media and National Development: the Role of Information in the Developing Countries. Stanford
California: Stanford University Press.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Surbakti, Ramlan. 1992. Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.