•  
  •  
 

Keywords

kompetensi mahasiswa PPL, rancangan pendidikan dan pembelajaran, profesi keguruan, interaksi pembelajaran

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi: (1) Prestasi mahasiswa pada mata kuliah Rancangan Pendidikan dan pembelajaran, (2) Prestasi mahasiswa pada mata kuliah Profesi Keguruan, (3) Prestasi mahasiswa pada mata kuliah Interaksi Pembelajaran, dan (4) Prestasi mahasiswa pada mata kuliah Rancangan Pendidikan dan Pembelajaran, Profesi Keguruan, dan Interaksi Pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Negeri Makassar. Jenis Penelitian adalah penelitian expost facto yang menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 mahasiswa yang sedang melaksanakan PPL dan 32 dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah kompetensi mahasiswa PPL, sedangkan variabel bebas (X) adalah prestasi mahasiswa pada mata kuliah Rancangan Pendidikan dan pembelajaran (X1 ), prestasi mahasiswa pada mata kuliah Profesi Keguruan (X2 ), dan prestasi mahasiswa pada mata kuliah Interaksi Pembelajaran (X3 ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prestasi mahasiswa pada mata kuliah Rancangan Pendidikan dan pembelajaran berkontribusi positif terhadap kompetensi mahasiswa; (2) prestasi mahasiswa pada mata kuliah Profesi Keguruan berkontribusi positif terhadap kompetensi mahasiswa; (3) prestasi mahasiswa pada mata kuliah Interaksi Pembelajaran berkontribusi positif terhadap kompetensi mahasiswa. (4) prestasi mahasiswa pada mata kuliah Rancangan Pendidikan dan Pembelajaran, Profesi Keguruan, dan Interaksi Pembelajaran secara bersama-sama berkontribusi positif terhadap kompetensi mahasiswa.

THE CONTRIBUTION OF EDUCATIONAL SUBJECT TO THE COMPETENCY IN PPL OF THE STUDENTS OF EDUCATION DEPARTMENT OF CIVIL ENGINEERING AND PLANNING, UNM

Abstract

This study aims to reveal the contribution of: (1) education plans and learning subject, (2) teaching profession subject, (3) teaching and interaction subject, and (4) education plans and learning subject, teaching profession and learning interaction subjects together to the competence of the field work students of the Education Department of Civil Engineering and Planning, State University of Makassar.This research is an ex post facto study using the quantitative analysis. The research was conducted in the South Sulawesi Province. The population was 35 students of who did the field work, and 32 student of them as the research sample. The date were collected through questionnaires and observation. The analysis of the data used the regression analysis. The dependent variable (Y) in this study was students' competence in the field work, while the independent variable (X) was their achievement of education plans and learning subject (X1 ), their achievement of teaching profession subject (X2 ), and their achievement of the learning interaction subject (X3 ).The results of this study show that : (1) The students' achievement of the education plans and learning subject contribute positively to their competence; (2) The students' achievement of the teaching profession subject contributes positively to their competence; (3) The students' achievement of the learning interactions subject contributes positively to their competence; (4) The students' achievement of teaching and learning subject, teaching profession subject, and learning interactions subject together contribute positively to their

Page Range

248-260

Issue

2

Volume

5

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jpv.v5i2.6422

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/6422

References

Anonim. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Depdiknas. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Depdiknas. (2010). Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Diknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Harahap. (2013). "Anak Indonesia Bisa Hebat Jika Gurunya Hebat." Diakses tanggal 21 Oktober 2013 dari http://kampus.okezone.com/read/2013/06/12/560/820856/anak-indonesia-bisa-hebat-jika-gurunya-hebat.

Isaac, S., & Michael, W. B. (1983). Handbook In Research and Evaluation (From The California).

Rusmin. (2003). "Kompetensi Guru Menyongsong Kurikulum Berbasis Kompetensi." Diakses tanggal 12 Agustus 2013 dari http://Indonesia.com/bpost/042003/22/opini/opini1.html.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santoso, D. (2011). "Kata Sambutan." Diakses pada tanggal 15 Oktober 2013 dari http://www.dikti.go.id/id/profil-dikti/kata-sambutan-dirjen/?lang=id.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Supriano. (2013). "Hardiknas, Harkitnas, dan Masa Depan yang Lebih Baik." Jurnal Pewara DINAMIKA UNY, Volume 14, Nomor 64, Juni 2013, Halaman 44-45, Universitas Negeri Yogyakarta.

Universitas Negeri Yogyakarta. (2013). Panduan KKN-PPL. Yogyakarta: LPPMP UNY.

Universitas Negeri Yogyakarta. Panduan Pengajaran Mikro. Yogyakarta: LPPMP UNY.

Universitas Negeri Yogyakarta. (2013). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: PPs UNY.

Universitas Negeri Makassar. (2012). Panduan PPL. Makassar: Pusat PPL UNM.

Wasilatul, Fatriya, & Edy. (2013). "Dinamika Kompetensi Profesional dan Budaya Belajar Melalui Penerapan Pembelajaran Metode Information Search pada Mata Kuliah Analisis Vektor." Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 5, No. 2, Desember 2013, Halaman 906-916.

Share

COinS