•  
  •  
 

Jurnal Pendidikan Vokasi

Document Type

Article

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh pengetahuan kewirausahaan, pengalaman praktik kerja industri, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha siswa.Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Kabupaten Gunungkidul, yang berjumlah 221 siswa. Sampel penelitian sebanyak 135 responden. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan kewirausahaan dengan kesiapan berwirausaha (rx1y = 0,53; p < 0,05); 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan berwirausaha (rx2y = 0,77; p < 0,05); 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan kesiapan berwirausaha (rx3y = 0,37); 4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan kewirausahaan, pengalaman praktik kerja industri, dan lingkungan keluarga dengan kesiapan berwirausaha (rx1,rx2rx3y = 0,56). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan kewirausahaan, pengalaman paktik kerja industri, dan lingkungan keluarga secara bersama-sama mampu memberikan pengaruh sebesar 56% terhadap kesiapan berwirausaha.

ENTREPRENEURSHIP READINESS OF STUDENTS VOCATIONAL HIGH SCHOOL MAJORING IN NETWORK AND COMPUTER ENGINEERING SKILLS PROGRAM IN GUNUNGKIDUL REGENCY

Abstract

This study aims to reveal the effects of entrepreneurship knowledge, industrial job practicum experience, and family environment on the entrepreneurial readiness students. This was an ex post facto study. The research population comprised students of Computer an Network Engineering Expertise Competence in VHSs in Gunungkidul Regency with a total of 221 students. The research sample, consisting of 135 respondents. Base on the research results show. 1) There is a positive and significant effect of the entrepreneurship knowledge on the entrepreneurial readiness (rx1y = 0.53; p < 0.05). 2) There is positive and significant effect of th industrial job practicum experience on the entrepreneurial readiness (rx2y = 0.77; p < 0.05). 3) There is positive and significant effect of the family environment on the entrepreneurial readiness (rx3y = 0.37; p < 0.03). 4) There are positive and significant effect of the entrepreneurship knowledge, industrial job practicum experience, and family environment on the entrepreneurial readiness ( rx1,rx2,rx3y = 0.56). Base on the result entrepreneurship knowledge, industrial job practicum experience, and family environmentas an aggregate have effects of 56% on the entrepreneurial readiness.

Page Range

347-358

Issue

3

Volume

3

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jpv.v3i3.1848

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1848

References

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (1990). Peraturan Pemerintah RI Nomor 29, Tahun 1990, Tentang Pendidikan Menengah.

Dikmenjur. (2008). Pelaksanaan prakerin. Diambil pada tanggal 20 Januari 2012, dari http://www.geocities.com/dit_dikmenjur/prosedur_Prakerin.html.

Sudrajat, Akhmad. (22 januari 2008). Komponen-komponen kurikulum. Diambil pada tanggal 2 Agustus 2012

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Share

COinS