•  
  •  
 

Keywords

professionalism, emotional intelligence, job satisfaction, commitment

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kecerdasan emosional, kepuasan kerja dan komitmen guru, secara simultan dan parsial terhadap profesionalisme guru produktif SMK bidang keahlian TIK di kota Yogyakarta. Sampel penelitian berjumlah 66 dari 79 guru yang tersebar di 14 SMK di wilayah kota Yogyakarta. Teknik sampling menggunakan proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket tertutup. Teknik analisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kecerdasan emosional guru secara signifikan berpengaruh langsung terhadap profesionalisme guru produktif SMK bidang keahlian TIK di kota Yogyakarta, dengan kontribusi sebesar 0,701 (faktor determinan). Selanjutnya, tidak ada pengaruh langsung kepuasan kerja guru terhadap profesionalisme guru produktif SMK bidang keahlian TIK di kota Yogyakarta. Komitmen guru secara signifikan berpengaruh langsung terhadap profesionalisme guru produktif SMK bidang keahlian TIK di kota Yogyakarta, dengan kontribusi sebesar 0,224. Sementara itu, secara simultan kecerdasan emosional, kepuasan kerja dan komitmen guru secara signifikan berpengaruh terhadap profesionalisme guru produktif SMK bidang keahlian TIK di kota Yogyakarta, dengan kontribusi sebesar 57%.

DETERMINANT FACTORS OF THE PROFESSIONALISM OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL TEACHERS IN THE INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY

Abstract

This study aims to determine direct and indirect effects of teachers' emotional intelligence, job satisfaction and commitment, both simultaneously and partially, on the professionalism of Information and Communication Technology (ICT) productive teachers in the vocational high schools (VHSs) of Yogyakarta City. The research sample were 66 of 79 ICT productive teachers in 14 VHSs in Yogyakarta City. The sampling technique was proportionate random sampling. The data collecting techniques was a questionnaire. The data were analyzed using the path analysis technique. The results show that partially, teachers' emotional intelligence significantly and directly affects the ICT productive teachers' professionalism in VHSs of Yogyakarta City, with a contribution of 0,701 (determinant factor). Furthermore, teachers' job satisfaction does not directly affect the ICT productive teachers' professionalism in VHSs of Yogyakarta City. Significantly, teachers' commitment directly affects the ICT productive teachers' professionalism in VHSs of Yogyakarta City, with a contribution of 0,224. Meanwhile, simultaneously teachers' emotional intelligence, job satisfaction and commitment significantly and directly affect the ICT productive teachers' professionalism in VHSs of Yogyakarta City, with contributions by 57%.

Page Range

169-182

Issue

2

Volume

2

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jpv.v2i2.1026

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1026

References

Depdiknas. (2008). Ikhtisar Data Pendidikan Nasional Tahun 2007/2008.

Isaac, & Michael. (1984). Handbook in Research and Evaluation. California: EdiTS Publishers.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada.

Kunandar. (2010). Guru Profesional. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mahdiansyah. (2010). "Perilaku professional guru kejuruan hasil penelitian di SMK negeri DKI Jakarta" [Versi Elektronik]. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan (Litjak), 9, 1-23.

Meyer, J. P., & Allen, N. J. (1991). "A three-component conceptualization of organizational commitment: some methodological considerations" [Versi elektronik]. Human Resource Management Review, 1, 61-98.

Mulyasa. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Napitupulu, E. L. (4 Oktober 2009). "Investasi pada guru, ciptakan masa depan pendidikan yang baik." Kompas. Diambil tanggal 8 Desember 2011, dari http://www.kompas.com/lipsus112009/kpkread/2009/10/04/18200355/Investasi.pada.Guru..Ciptakan.Masa.Depan.Pendidikan.yang.Baik.

Wagiran. (2008). "Butir-butir pemikiran pengembangan pendidikan vokasi secara holistik" [Versi Elektronik]. Disajikan dalam Seminar Internasional Revitalisasi Pendidikan Kejuruan dalam Pengembangan SDM Nasional APTEKINDO, 1825-1834.

Share

COinS