•  
  •  
 

Authors

Dwi Mariyati

Keywords

motivation, understanding, EWB simulation

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap terjadinga peningkatan motivasi dan pemahaman siswa SMK kelas X dalam pembelajaran dasar-dasar teknik digital melalui media simulasi EWB.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan malalui empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Banjarmasin dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Audio Video. Penelitian melibatkan dua orang kolaborator untuk membantu dan mendampingi peneliti memonitor dampak dari tindakan yang diberikan terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Perubahan dari tindakan yang diberikan diperoleh dari hasil pengamatan kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes pemahaman. Data yang diperoleh dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (a) penggunaan media simulasi EWB dapat meningkatkan motivasi siswa mengikuti kegiatan pembelajaran terutama dalam hal perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran, (b) penggunaan media simulasi EWB dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan, (c) peningkatan pemahaman yang paling signifikan setelah guru menggunakan media simulasi EWB terjadi pada siswa dengan kemampuan rendah.

THE IMPROVEMENT OF STUDENT MOTIVATION AND COMPREHENSION IN MDTD LEARNING PROCESS AT SMK N 5 BANJARMASIN WITH EWB SIMULATION MEDIA

Abstract

This study is aimed at improving motivation and comprehension student at year-10 of vocational high school in basics of digital applied learning process with EWB simulation media. This study was classcroom action research conducted in four steps, i.e. planning, acting, observating, and reflecting. The subject of research was year-10 students of audio video technology of SMK N 5 Banjarmasin. Two collaborators were assigned to back up and assist the researcher to monitor the effects of action on student motivation and comprehension. The changes due to the action are monitored through observation by involving the two collaborators. The techniques for collecting the data were observation, interview, and comprehension test. The collected data was analyzed descriptively. The results of the study show the followin: (a) using EWB simulation media can improvement motivation of student specially interesting on material instructional which communicated and student being active in learning process, (b) using EWB simulation media can improvement student comprehension toward material instructional which communicated, (c) the improvement comprehension after the teacher using EWB simulation media for lowest abilities is significant.

Page Range

127-142

Issue

1

Volume

2

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jpv.v2i1.1023

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1023

References

Anderson, L.W. (1989). The Effective Teacher. New York: McGraw-Hill, Inc.

Arief Sadiman, et al. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran dan Standar Sarana Prasarana SMK. Jakarta: BP. Mitra Usaha Indonesia.

Hamzah B. Uno. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjanto. (2008). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hergenhahn B.R. & Olson M.H. (2008). Theories of Learning.

Januszewski, C., & Molenda, M. (2008). Educational Technology: A Definition with Commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

McTaggart, R. (1993). Action Research: A Short Modern History. Australia: Deakin University.

Muhibbin Syah. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nana Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngalim Purwanto, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noeng Muhadjir. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Oemar Hamalik. (2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ormrod J.E. (2003). Educational Psychology: Developing Learners. New Jersey: Merrill Prentice Hall.

Pardjono. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Pawit M. Yusuf. (1990). Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Reid, G. (2009). Memotivasi Siswa di Kelas: Gagasan dan Strategi. London: Paul Chapman Publishing.

Rudi Susilana & Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Kurtekpend FIP UPI.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Saifuddin Azwar. (2010). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Smaldino, S.E., Russel, J.D., Heinich, R., & Molenda, M. (2005). Instructional Technology and Media for Learning (8th ed.). Ohio: Pearson Education, Inc.

Suharsimi Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surianto. (2009). Teori Belajar Konstruktivisme. Diambil dari http://surianto200477.wordpress.com/2009/09/17/teori-pembelajaran-konstruktivisme/

Universitas Negeri Yogyakarta. (2010). Pedoman Tesis dan Disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Uzer Usman, Moh. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wijaya Kusumah, et al. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Kedua. Jakarta: Indeks.

Share

COinS