Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Penelitian tindakan kelas ini dengan subjek penelitian siswa kelas VIII F SMP N 2 Kedungbanteng. Data diperoleh melalui pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Pembelajaran IPS dengan pengamatan lingkungan sekitar secara langsung dilanjutkan dengan diskusi kelompok, dapat meningkatkan minat siswa belajar IPS; siswa yang memiliki minat belajar sangat tinggi dan tinggi pada siklus I hanya 22.4% meningkat menjadi 78% pada siklus IV. Kepala Sekolah, guru pelaksana, kolaborator dan siswa menanggapi positif terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Kata kunci: minat belajar ips, lingkungan sumberpembelajar ips.
First Page
89
Last Page
104
Issue
1
Volume
9
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v9i1.1996
Recommended Citation
Prihantoro, Prihantoro
(2007)
"Penignkatan Minat Belajar IPS dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar di SMPN 2 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 9:
Iss.
1, Article 6.
DOI: 10.21831/pep.v9i1.1996
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol9/iss1/6