•  
  •  
 

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan tahapan-tahapan dalam mengembangkan multimedia pembelajaran untuk mata kuliah Akuntansi Dasar 1 dengan karakteristik: (1) interaktif; (2) mencakup berbagai komponen media yaitu teks, gambar, animasi, suara, dan video; dan (3) dilengkapi lembar kerja mahasiswa.

Penelitian dan pengembangan {research and development) ini dilakukan lima tahap, yaitu: analisis kebutuhan, desain, produksi, evaluasi, dan revisi. Pada tahap produksi awal dievaluasi oleh ahli materi, ahli media, dan dosen mata kuliah Akuntansi Dasar 1. Ujicoba ada tiga tahap, yaitu oleh individu, kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subjek uji coba produk adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, skor tes, serta data kualitadf lainnya dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, tes, dan observasL Data kuantitatif dianalisis dengan statisdk deskripdf dan inferensiaL Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk.

Mahasiswa berpendapat bahwa multimedia yang dikembang-kan berkualitas baik. Aspek pembelajaran memiliki rerata skor 4,17 (baik), aspek isi 4,16 (baik) dan aspek media 4,04 (baik). Rerata skor secara keseluruhan sebesar 4,12 yang termasuk dalam kriteria baik. Dari tes yang dilaksanakan diperoleh rerata skotpre-test sebesar 58,98 dan rerata skor post-test sebesar 79,65, jadi ada kenaikan rerata skor sebesar 20,67 atau sebesar 35%. Hasil uji / menunjukkan bahwa kenaikan rerata skor signifikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa produk multimedia yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Akuntansi Dasar 1.

Kata kunci: pengembangan multimedia interaktif, pembelajaran, akuntansi dasar

First Page

1

Last Page

19

Issue

1

Volume

9

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v9i1.1991

Share

COinS