•  
  •  
 

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Authors

Sukarja Sukarja

Document Type

Article

Abstract

Penelidan ini bertujuan untuk mengidentifikasi cara meningkatkan kualitas pembelajaran kimia melalui penggunaan pedoman pembelajaran berbantuan komputer di kelas XI SMAN 1 Jetis, Bantul, DIY.

Penelidan dndakan kelas ini dilaksanakan dalam dga siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, tes, dan wawancara. Kriteria keberhasilan adalah 80% siswa mencapai dngkat ketuntasan belajar dari nilai tes secara keseluruhan.

Hasil penelidan menunjukkan bahwa implementasi teaching guide berbantuan komputer berhasil meningkatkan: 1) partisipasi akdf siswa, dan 2) prestasi siswa, yaitu 91,18% siswa mencapai ketuntasan. Penelidan ini juga menunjukkan adanya kinerja guru. Kata kunci: kualitas pembelajaran, teaching guide, kimia, komputer

First Page

259

Last Page

273

Issue

2

Volume

8

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v8i2.2006

Share

COinS