•  
  •  
 

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Keywords

development, research model, gender perpecstive

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. menggambarkan dan merancang prosedur pengembangan model penelitian berperspektif gender, 2. mengembangkan dan menghasilkan model pe-nelitian berperspektif gender, dan 3. menghasilkan karakteristik model penelitian berperspektif gender. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengadaptasi model penelitian pe-ngembangan dari Borg dan Gall. Prosedur pengembangan dilakukan melalui sepuluh tahapan, yaitu: 1. studi pendahuluan, 2. perencanaan model, 3. pengembangan model awal, 4.uji coba model awal, 5. revisi model awal, 6.uji coba scope terbatas, 7. revisi uji coba scope terbatas, 8. pengujian model akhir, 9. revisi model akhir, 10. diseminasi dan implementasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, checklist dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan teknik analisis kualitatif fenomenologi (grounded) dan dilengkapi dengan analisis gender model HARMOS (modifikasi dari teknik analisis gender model Harvard dan model Moser). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Pengembangan model penelitian berperspektif gender dilakukan dengan mengadaptasi model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. 2. Menemukan model penelitian berperspektif gender yang secara spesifik menggunakan analisis gender model HARMOS (modifikasi dari analisis gender model Harvard dan model Moser) dan pedoman aplikasinya. 3. Menghasilkan karakteristik model penelitian berperspektif gender.

Kata kunci: pengembangan, model penelitian, perspektif gender

______________________________________________________________

DEVELOPING A MODEL OF RESEARCH WITH GENDER PERSPEKTIF

Absrtact The objectives of this study are: 1). to describe and to design the procedure of developing a model of research with gender perspective, 2). to develop and to produce a model of research with gender perspective. 3) to produce model's characteristic of research with gender perspective.This research is a research and development using the research model adapted from the Borg and Gall.The development was carried out through ten stages, namely: 1. preliminary study, 2. planning models, 3. developing the initial model, 4. testing the initial model, 5. revising the initial model, 6. testing it with limited scope, 7. revising the limited scope testing result, 8. testing the final model, 9. revising the final model, and 10. dissemination and implementation. The study used the qualitative research. The data were collected through in-depth interviews, participant observation, checklist and documentaries. The data were analyzed using the qualitative analysis techniques called Phenomenology and gender analysis of the HARMOS model. The results are: 1. The development of the model of gender perspective in the research is carried out using model by Borg and Gall model. 2. Producing the model of the research with gender perspective that specifically used gender analysis HARMOS model and its manual 3. Producing model's characteristic of research with gender perspective.

Keywords: development, research model, gender perpecstive

First Page

304

Last Page

317

Issue

2

Volume

17

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v17i2.1702

References

Ali, Muhammad. (2011) Memahami riset peri- laku dan sosial. Jakarta: Pustaka Cende- kia Utama Bappenas. (2001). Rangkuman pembangunan berperspektif gender. Jakarta: Bappenas Eri, Rossatria, & Abdurahman, Shaleh,. (2003) Gender Mainstreaming dalam “Pengantar kajian gender”.Jakarta : PSW UIN Syarif Hidayatullah. Fakih, Mansour. (2005). Analisis gender dan transformasi sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Gall, M.D, Gall, J.P & Borg,W.R,. (1983).Educational research: an introduction. Bos- ton: Pearson Education, Inc. Hartati, Netty. (2003). Metodologi peneliti- an berwawasan gender: Dalam Peng- antar Kajian Gender. Jakarta: Pusat Studi Wanita UIN Syarif Hidayatullah kerja sama dengan McGill Project/ IIESP. Meneg. PP. (2001). Konsep-konsep dasar untuk pengarusutaman gender. Jakarta: Kemen- trian Pemberdayaan Perempuan. Mosse, J.C. (2007). Half the worl, half a chance an introduction to gender and development. (Terjemahan Hartian Silawati) Gender dan Pembangunan.Oxford: Oxfam. (Buku asli terbit tahun 1985). Moser, C.O.N. (1993). Gender planing and development; theory, practice and training. London: Routledge. Soewardi, Herman. (2006). Pengembangan paradigma keilmuan IAIN-UIN me- nuju research university: Dalam Res- earch University. Bandung: Suguda Press. Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R &D). Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010), Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Suprayogo, Imam, & Tobroni. (2003). Meto- dologi penelitian sosial-agama. Bandung: PT.Rosda Karya Trisakti & Sugiarti. (2006). Konsep dan teknik penelitian gender. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Share

COinS