•  
  •  
 

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Keywords

productivity in SMK of business-management, quality processes, competence of teachers, organizational culture of schools, financing, leadership and school committees

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas sekolah SMKN bisnis manajemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Ukuran sampel sebanyak 200, dipilih dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan metode angket wawancara dan doku-mentasi. Analisis data dengan permodelan persamaan struktural (structural equation modeling, SEM). Hasil penelitian me-nunjukkan bahwa produktivitas sekolah untuk SMKN bisnis manajemen dipengaruhi oleh mutu proses, kompetensi guru, budaya organisasi sekolah, pembiayaan pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah. Pengaruh variabel bebas terhadap produktivitas sekolah sebesar 73% sisanya 27% di-pengaruhi faktor lain di luar model. Variabel dominan yang mem-pengaruhi produktivitas SMKN bisnis manajemen adalah mutu proses.

Kata kunci: produktivitas SMK business-management, mutu proses, kompetensi guru, budaya organisasi sekolah, pembiayaan, kepemimpinan, komite sekolah

______________________________________________________________

THE DETERMINANT FACTORS OF SCHOOLS'S PRODUCTIVITY Abstract The purpose of this study is to identify the factors that affect school productivity in SMKN of Business and Management. The sample consisted of 200 teachers selected using proportional random sampling technique. Questionnaire, interviews and documentation methods are used for collecting data. For analyzing the data, the research used structural equation modeling (SEM). Findings of this research show that School Productivity in SMKN of business-management field is influenced by the process quality, teachers' competencies, school organizational culture, education financial, leadership and the role of the school committee. Impact of independent variables on the school productivity was 73%, while 27 % or the rest is influenced by other factors. The dominance variable that influences the productivity is the quality process.

Keywords: productivity in SMK of business-management, quality processes, competence of teachers, organizational culture of schools, financing, leadership and school committees

First Page

55

Last Page

71

Issue

1

Volume

17

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v17i1.1361

References

Anwar, Moch. Idochi. (2004). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Aroef, Mathias. (1986). Pengukuran Produktivitas Kebutuhan Mendesak di Indonesia. Jakarta: Prisma Aditya Media.

Doll, John P., & Orazem, Frank. (1984). Production Economics, Theorywith Appli-cations. New York: John Wiley & Son.

Ekosusilo, Madyo. (2003). Supervisi Pengajaran dalam Latar Budaya Jawa Studi Kasus Pembinaan Guru SD di kraton Surakarta. Sukohardjo: UNIVET Batara Press.

Firdaus. (2005). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dan Dampaknya terhadap Produktivitas Sekolah. (Kajian pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Cianjur). http://digilib.upi.edu/pasca/ diakses 14 No- vember 2008.

Ghozali, Imam. (2007). Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UniversitasDiponegoro.

Ghozali, Imam & Fuad.(2005). Struktur Equation Modeling. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat. (2003). Kontribusi Manajemen Pembiayaan Pendidikan terhadap proses Peningkatan Produktivitas Pendidikan.Thesis. http://digilib.upi.edu/ pasca/diakses 14 Nopember 2008.

Kardoyo. (2005). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Pembiayaan Pendidikan dan Peran Komite Sekolahterhadap Kinerja sekolahhttp://Available/ etd- 0216106-123743 diakses 25 Maret 2008.

Helms, Marilyn M. (2006). Encyclopedia of Management. Thomson Gale USA Hutapea, Parulian & Thoha, Nurianna. (2008). Kompetensi Plus. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Martono, Trisno. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Budaya Organisasi /http://www.uns.ac.id/cp.penelitian.php?act- det&id A= 256. diakses 22 Mei 2009.

Mulyani. (2007). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Budaya Sekolah terhadap Produktivitas SMP Negeri di Kabupaten Brebes. Thesis Tidak diterbitkan PPS UNNES.

Prosser, Charles A., & Quigley, Thomas H. (1950). Vocational Education in Democracy. Chicago: American Technical Society.

Robbins, Stephen. (2007). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Suyanto. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Otonomi Pendidikan

(http://www.kompas.com/kompas-cetak/0103/23/dikbud/foru09

.html diakses 5 Maret 2009.

Taruno, Tukiman. (2008). Penegakkan Disiplin dan Realitas Sosial. http:// 64.203.71.11/kompas-cetak/0409/14/Dikaktika/1262592.html di- akses 19 Juni 2008.

Thomas, Alan J. (1971). The Produtive School, A System Analysis Approach to Educational Administration. NewYork: John wiley & Son, Inc.

Tilaar. (2003). Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Usman, Husaini. (2006). Teori,Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utomo. (2007). Analisis Faktor yang Berpengaruh terhadap Produktivitas Guru SMP Negeri di Kabupaten Brebes. Thesis. Tidak diterbitkan PPS UNNES.

Wiyanti. (2005). Pengaruh Peran Komite Sekolah dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Produktivitas Sekolah SMA Swasta di kota Sema-rang. Thesis. PPS UNNES Semarang.

,http://suaramerdeka.Om/v1/index.php/read/news/2010/08/03

/61431/284- Pelajar-Solo-Putus-Sekolah diakses 18 Nopember 2010.

Share

COinS