•  
  •  
 

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Authors

Retna Sundari

Keywords

evaluasi, pemanfaatan laboratorium, pembelajaran biologi

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pemanfaatan laboratorium pembelajaran biologi di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi model CIPP (Contex, Input, Process, Product). Subjek penelitian meliputi 5 Kepala Madrasah, 12 guru biologi dan 400 siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sleman. Data dikumpulkan dengan angket, observasi dan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan (1) dukungan kepala madrasah terhadap program kegiatan laboratorium cukup tinggi, (2) ketersediaan sarana prasarana dalam kategori cukup, (3) pengelolaan laboratorium dalam kategori cukup, (4) pemanfaatan laboratorium dalam kategori cukup, (5) kendala-kendala yang dihadapi guru cukup tinggi, (6) minat siswa terhadap kegiatan laboratorium dan manfaat kegiatan laboratorium bagi siswa pada kategori tinggi. Kata kunci: evaluasi, pemanfaatan laboratorium, pembelajaran biologi

First Page

196

Last Page

212

Issue

2

Volume

12

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v12i2.1427

References

Ade Kusnandar. (26 April 2007). Guru dan media pembelajaran. Diambil pada tanggal 26 April 2007, dari http://www.mediapembelajaran.com/index.php? option=com_content&task=view&id=7&Itemid=2.

Djemari Mardapi. (2005). Pengembangan instrumen penelitian pendidikan. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Freedman, M. P. (1997). Relationship among laboratory instruction, attitude toward sciense, and achievement in science knowledge. Journal of Research in Science Teaching(vol: 34).New York: John Willey & Sons.

Moh. Chabib Thoha. (2001). Teknik evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nason. A. (1966). Textbook of modern biology. New York: John Willey & Sons, Inc.Nuryani, et al. (2003). Strategi belajar mengajar biologi, Bandung: Jurdik Biologi FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia.

Piaget, J. (1950). The language and thought of the child. London: Routledge & Kegan Paul Ltd.

Richardson, J. S. (1957). Science teaching in secondaryschools. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Stufflebeam, D. L. & Shinkfield, A. J. (1985). Systematic evaluation, a self-instructional guide to theory and practice. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Sund, R. B. (1976). Piaget for educators. Ohio: A Bell & Howell Company.

Worthern, B. R. & Sanders, J. R. (1973). Educational evaluation: Theory and practice, Belmont: Wodsworth Publishing Company Inc.

Share

COinS