•  
  •  
 

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Authors

Suharso Suharso

Keywords

tes reading comprehension; tes cloze; tes-c; penilaian diri; validitas

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas tes cloze (CL) dan tes-C (C) sebagai alat ukur kemampuan membaca teks bahasa Inggris dengan tes Reading Comprehension (RC) dari TOEFL sebagai tolok ukur dan mengetahui validitas penilaian diri (PD) dengan mengacu pada ketiga tes tersebut. Populasi penelitian meliputi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Reading I, III, dan V pada semester gasal tahun akademik 2006/2007 di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri atas 121 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik sampel acak gugus. Data kemampuan membaca dikumpulkan dengan tes RC, CL dan C. Data PD dikumpulkan dengan tiga kuesioner PD yang menggunakan model Likert. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada korelasi yang positif antara skor tes RC dan skor tes CL, antara skor tes RC dan tes C, dan antara skor PD dan ketiga skor tes membaca tersebut. Kata kunci: tes reading comprehension, tes cloze, tes-c, penilaian diri, validitas

First Page

101

Last Page

117

Issue

1

Volume

11

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v11i1.1421

References

Alderson, J. C. (1983). The cloze procedure and proficiency in English as a foreign language. Dalam Oller, J. W., Jr. (Ed.) Issues in language testing research. Rowley: Newbury House Publishers, Inc.

Bachman, L. F. (1990). Fundamental considerations in language testing. Oxford: Oxford University Press

Brown, H. D. (2001). Teaching by principles (2nded.). New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Brown, H. D. (2004). Language assessment. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Brown, J. D. (1983). A closer look at cloze: validity and reliability. Dalam Oller, J. W., Jr. (Ed.) Issues in language testing research. Rowley: Newbury House Publishers, Inc.

Celce-Murcia, M. (2001). Teaching English as a second or foreign language (3rded.). Boston: Heinle and Heinle Thomson Learning, Inc.

Cohen, A. D. (1994). Assessing language ability in the classroom (2nded.). Boston: Heinle & Heinle Publishers

Farr, R. & Carey, R. F. (1986). Reading: what can be measured? (2nded.) Newark: International Reading Association, Inc.

Furlong, N. E., Lovelace, E. A., & Lovelace, K. L. (2000). Research methods and statistics. Fort Worth: Harcourt College Publishers

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: an introduction (7thed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Gipe, J. P. (1991). Corrective reading techniques for the classroom teacher (2nded.). Scottsdale: Gorsuch Scarisbrick, Publishers

Grabe, W. (2002). Reading in a second language. Dalam Kaplan, R. B. (Ed.) Applied linguistics. Oxford: Oxford University Press

Griffin, P. & Nix, P. (1991). Educational assessment and reporting. Sydney: Harcourt Jovanovich, Publishers.

Ikeguchi, C. B. (1998). Do different C-tests discriminate proficiency of EL2 learners? JALT Testing & Evaluation SIG Newsletter [Versi elektronik], Vol. 2 No. 1 Oktober, 3 –8

Katona, L. & Dornyei, Z. (1993). The C-test: a teacher friendly way to test language proficiency. Forum[Versi elektronik], Vol. 31 No. 2 Januari, 35

Lewis, J. (1990). Self-assessment in the classroom: a case study. Dalam Brindley, G. (Ed.) The second language curriculum in action. Sydney: National Centre for Language Teaching and Research, Macquarie University

Share

COinS