•  
  •  
 

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Authors

Samsul Hadi

Keywords

model konstruk, persamaan pengukuran, persamaan struktural, kinerja kepala sekolah

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model konstruk dan struktural kinerja kepala sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan terhadap pengukuran kinerja kepala sekolah di masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan populasi guru dan kepala sekolah dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel sebanyak 1239 guru dan 208 kepala sekolah dasar dipilih secara acak. Data guru dan kepala sekolah dianalisis dengan Second-Order Confirmatory Factor Analysis (Second-Order CFA) secara terpisah dan divalidasi silang dengan multi-sample CFA. Pengujian kecocokan model dilakukan menggunakan χ2 Satorra-Bentler dengan taraf signifikansi 5%, Comparative Goodness of Fit Index (CFI), dan Root Mean Square Error Approximation (RMSAE). Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. 1) Kinerja kepala sekolah mempunyai dimensi kepemimpinan, manajemen, dan kepribadian. 2) Berdasarkan data kepala sekolah, koefisien jalur dari dimensi dan muatan faktor dari indikator yang ada dalam model cukup tinggi, bernilai positif, dan signifikan. 3) Hasil validasi silang model konstruk kinerja kepala sekolah menggunakan data guru dan data kepala sekolah menunjukkan tidak ada perbedaan model. Kata kunci: model konstruk, persamaan pengukuran, persamaan struktural, kinerja kepala sekolah

First Page

20

Last Page

39

Issue

1

Volume

11

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v11i1.1416

References

Briesen, J. V., (2006). Yahoo! Mail. Re: Consultation. Diambil pada tanggal 5 Juni 2006, darihttp://us.f538.mail.yahoo.com.

Campbell, J. P. (1998). Modeling the performance prediction problem in industrial and organizational psychology. Dalam M. D. Dunnette & L. M Hough (Eds.), Handbook of industrial and organizational psychology(Vol. 1, pp. 687 –732). Calcutta: Jaico Publishing House.

Direktorat Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar Ditjen Dikdasmen. (2003). Pedoman penilaian kinerja sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. (2006). Panduan gelar produk inovatif sektor pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Diambil pada tanggal 4 Februari 2007, dari http://p3m.dikti.org/PANDUAN PPN2006.pdf.

Garson, D. (2006). Structural equation modeling. Diambil pada tanggal 20 Agustus 2006, dari http://www2.chass.ncsu.edu/garson/pa765/ structur.htm

Gunaryadi. (2004). Pendidikan nasional, globalisasi, dan peranan keluarga. Makalah disampaikan pada Seminar Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Wageningen, 29 Mei 2004, di Alterra Building, Wageningen University, Nederland. Diambil pada tanggal 4 Februari 2007, dari http://sekolahindonesia.nl/globalisasi-pendidikan.pdf.

Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L. & Black W. C. (1998). Multivariate data analysis (5thed.). London: Prentice-Hall International

Isaac, S. & Michael, W. B. (1981). Handbook in research and evaluation. San Diego: Edits Publisher.

Isminingsih, R. A. S. (2003). Dampak budaya organisasi, iklim organisasi, dan kinerja kepala sekolah terhadap proses belajar mengajar pada SMU negeri di kota Malang. Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Malang.

Jöreskog, K. G. & Sörbom, D. (2003). Lisrel 8.54 help. Chicago: Scientific Software International.Katama, A., Turhan, A., & Darandari, E. (April 2003). Estimating reliability for multidimensional composite scale scores. Paper presented at the annual meeting of American Educational Research Association, Chicago.

McCook, K. D. (2002). Organizational perceptions and their relationships to job attitudes, effort, performance, and organizational citizenship behaviors. Disertasi, tidak diterbitkan, Louisiana State University.

Miftah, E. (2001). Kelemahan DP3 dalam penilaian kinerja PNS. Pemeriksa, 82, 21 –25.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah

Poropat, A. (2004). An examination of the relationship between contextual andtechnical performance in an academic setting. Griffith University. Diambil pada tanggal 18 Oktober 2004, dari http://www.tlrp.org/pub/ acadpub/Poropat2000.pdf.

Presiden RI. (2006). Pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia serta keterangan pemerintah atas rancangan undang-undang tentang anggaran pendapatan dan belanja negara tahun anggaran 2007 beserta nota keuangannya di depan rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Jakarta: 16 Agustus 2006. Diambil pada tanggal 4 Februari 2007, dari http://www.nakertrans.go.id/b_penting/Prioritas_Pem-bangunan_Nasional.pdf.

Reio Jr., T. G. (1997). Effects of curiosity on socialization-related learning and job performance in adults. Disertasi, tidak diterbitkan, Virginia Polytechnic Institute and State University.

Sianturi, T. A. P., (2002). Basic principles on creating effective performance appraisal system. Jakarta: Management Student SocietyFakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Share

COinS