•  
  •  
 

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Authors

Kabul Mulyana

Document Type

Article

Abstract

PeneHtian ini bertujuan untuk mengetahui: karakteristik, kualitas, dan daya prediksi tes seleksi masuk SMP Negeri Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2004/2005.

Subjek penelitian ini adalah butir soal tes seleksi masuk SMPN di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sumber data adalah 1.657 lembar jawaban (respon) peserta tes seleksi atas 100 butir soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Data dianalisis secara kuantitatif dengan teori tes klasik berbantuan komputer program MicroCat Iteman versi 3.00 dan dengan teori respons butir menggunakan bantuan komputer program MicroCat Bigsteps versi 2.30. Daya prediksi butir soal dianalisis secara regresi menggunakan program SPSS versi 11.00.

Hasil analisis menggunakan teori tes klasik menunjukkan bahwa lima mata pelajaran (Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS) mempunyai indeks reliabilitas > 0,70 dan hanya mata pelajaran matemarika yang mempunyai tingkat kesukaran baik. Berdasarkan teori tes modern untuk kelima mata pelajaran, tingkat kesukaran, daya beda, fungsi informasi, dan kecocokan dengan model semuanya baik. Berdasarkan analisis butir soal menggunakan teori tes klasik 45% jumlah butir soal baik, sedangkan berdasarkan analisis menggunakan teori respon 90% butir baik. Butir soal mata pelajaran matematika memiliki daya prediktif tertinggi ((5=0,282).

Kata kunci: karakteristik, tingkat kesukaran, daya prediksi.

First Page

235

Last Page

248

Issue

2

Volume

10

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v10i2.1985

Share

COinS