•  
  •  
 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan mahasiswa LPTK swasta menjadi guru matematika yang profesional. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain sequential explanatory strategy. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester 8 LPTK swasta di Semarang. Kesiapan menjadi guru matematika yang profesional dinilai melalui tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Analisis data deskriptif menggunakan kecenderungan kesiapan dalam lima kriteria, yaitu Sangat Siap, Siap, Cukup, Kurang, dan Sangat Kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa LPTK swasta di Semarang ditinjau dari: (1) pengetahuan profesional masuk dalam kategori kurang, (2) keterampilan profesional masuk dalam kategori siap, dan (3) sikap profesional masuk dalam kategori siap untuk menjadi (calon) guru matematika yang profesional. Secara umum, kesiapan mahasiswa LPTK swasta di Semarang menjadi guru matematika yang profesional masuk dalam kategori cukup.

Kata Kunci: kesiapan mahasiswa, pengetahuan profesional, keterampilan profesional, sikap profesional

The Readiness of Private Pre-Service Teachers in Semarang to be Professional Math Teachers

Abstract

This research aims to describe the readiness of private pre-service teacher in Semarang to be professional mathematics teachers.. This was a mixed method study using the Sequential Explanatory Strategy. The population was all the 8th semester private math pre-service teachers in Semarang. The descriptive data analysis categorized performance trend into five criterias: Very Ready, Ready, Fairly Ready, Poor, and Very Poor. The results show that the readiness of private pre-service teachers in terms of: (1) professional knowledge are in the Poor category, (2) professional skills are in the Ready category, and (3) the professional attitudes are in the Ready category to be professional mathematics teachers. Generally, the readiness of private pre-service teachers to be professional math teachers are in fairly ready category. Keywords: preservice teachers readiness, professional knowledge, professional skills, professional attitudes

Share

COinS