•  
  •  
 

Keywords

Development, learning kits, problem based learning

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangakat pembelajaran geometri SMP dengan pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif dilihat dari prestasi belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Borg & Gall yang mencangkup tiga tahapan utama yaitu: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap desain produk, dan (3) tahap studi pelaksanaan. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran geometri SMP dengan pembelajaran berbasis masalah yang terdiri atas silabus, RPP, LKS dan Tes Hasil Belajar (THB). Kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. (1) Hasil penilaian aspek kevalidan silabus, RPP, LKS, dan THB dengan revisi dan layak digunakan. (2) Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian guru pada RPP dan LKS adalah 54,33 (Baik) dan 101,33 (Sangat Baik), sedangkan penilaian siswa dan penilaian keterlaksanaan pembelajaran adalah 90,05 (Baik) dan 92,06 (Sangat Baik). (3) Aspek keefektifan berdasarkan THB, dengan rata-rata skor adalah 82% (siswa tuntas/lulus). Berdasarkan data tersebut, perangkat pembelajaran sudah memenuhi kualitas kevalidan keefektifan, dan kepraktisan. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran geometri SMP dengan pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika.

Page Range

147-158

Issue

2

Volume

5

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v5i2.10036

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/10036

References

Angkotasan, N. (2013). Model PBL dan cooperative learning tipe TAI ditinjau dari aspek kemampuan berpikir reflektif dan pemecahan masalah matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 92-100. doi:https://doi.org/10.21831/pg.v8i1.8497

Anonymous. (2001). Speaking of teaching: Problem-based learning. Stanford University Newsletter on Teaching, 11(1), 1-8.

Basri, H. (2013). Landasan pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Bilgin, I., Senocak, E., & Sozbilir, M. (2009). The effects of problem-based learning instruction on universty student' performance of conceptual and quantitative problem in gas concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 5(2), 153-164.

BSNP (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 20 tahun 2007, tentang standar penilaian pendidikan.

Eggen, P. D., & Kauchak, D. P. (2012). Strategi dan model pembelajaran: mengajar konten dan keterampilan berpikir, edisi 6. (Terjemahan Satrio Wahono). Jakarta: Indeks.

Hamdani. (2010). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV Pustaka

Hamruni. (2009). Strategi dan model-model pembelajaran aktif menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Huang, K. S., & Wang, T. P. (2012). Applying problem-based learning (PBL) in University English translation classes. The Journal of International Management Studies, 7(1), 121-127.

Jhonson, D. W., & Jhonson, R. T. (2002). Meaningful assessment: A manageable and cooperative process. Boston, MA: Allyn & Bacon.

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 41 tahun 2007, tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah

Ladimiyanto, A. (2014). Pengaruh implementasi pembelajaran berbasis masalah dengan model TAI dan TPS terhadap hasil belajar matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 110-125. doi:https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9073

Moon, B., Mayes, M. S., & Hutchinson, S. (2002). Teaching, learning and the curriculum in secondary schools. New York, NY: Routledge.

Moursund. D. (2012). Good math lesson planning and implementation. Retrieved from http://i-a-e.org/downloads/ doc_download/230-good-mathlesson-plans.html

Newman, J. M., (2005). Problem based learning: an introduction and overview of the key features of the approach. Journal of Veterinary, 32(1), 12-20.

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational assesment of students (6th ed.). Boston, MA: Pearson.

O'Brien, J. G., Millis, B. J., & Cohen, M. W. (2009). The course syllabus: A learning-centered approach. John Wiley & Sons.

Prasetyo, Z. K. (2013). Laporan kegiatan PPM: pengembangan perangkat pembelajaran sains terpadu untuk meningkatkan kognitif, keterampilan proses, kreativitas serta menerapkan konsep ilmiah siswa SMP (Tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Presiden Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19, tahun 2005, tentang standar nasional pendidikan.

Presiden Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia nomor 32, tahun 2013, tentang standar nasional pendidikan.

Putra, N. (2013). Research & development. Penelitian dan pengembangan: Suatu pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran "Mengembangkan profesional guru". Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusnomo. (2014). Strategi pembelajaran problem based learning. Bogor: Ghalia Indonesia

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective (6th ed.). Pearson

Singer, A., J. (2003). Teaching to learn, learning to teach-A handbook for secondary school teachers. London, UK: LEA.

Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, N. (2013). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan problem-based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197-210. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7334

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Share

COinS