•  
  •  
 

Keywords

kemampuan pemahaman matematis, perbandingan senilai, students teams achievement division

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Students Teams Achievement Divisons (STAD). Jenis penelitian yang dilakukan adalah pre-experimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah salah satu kelas dari sebuah instansi di daerah Tangerang yang teridi dari 17 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes pemahaman matematis dan pedoman wawancara. Pokok bahasan yang menjadi bahasan dalam penelitian ini adalah materi perbandingan senilai. Data dari hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif-deskriptif. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dilihat dari perhitungan N Gain dan hasil wawancara dijelaskan secara deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian, perolehan rata-rata kriteria N Gain adalah 0,69 (sedang). Kemudian, dari hasil wawancara secara terbuka terhadap sampel, respon siswa yang didapat cukup baik dilihat dari antusias ketika mengikuti pembelajaran maupun respon secara terbuka. Berdasarkan hasil tes terlihat adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematis siwa setelah diterapkan pendekatan pembelajaran STAD.

Kata Kunci: kemampuan pemahaman matematis, perbandingan senilai, students teams achievement division

Improved Mathematical Understanding Through Students Teams Achievement Divisons (STAD) Learning Approach

Abstract

This study aimed to determine the increase in the ability of students' mathematical understanding after learning by using Students Teams Achievement Divisons (STAD) approach. This research was pre-experimental with form one group pretest-posttest design. The subjects of research were one of the classes of an institution in the Tangerang area consisting of 17 students. Research instruments include mathematical comprehension test and interview guides. The subject matter of the discussion in this study was worth comparison material. Data from the study were analyzed quantitatively-descriptive. Improving the ability of understanding mathematical seen from the calculation N Gain and interviews described in descriptive. Based on data obtained from the study, the average acquisition criteria N Gain was 0.69 (medium). Then, from the interviews are open to sample student responses obtained fairly good views of enthusiastic when following the study and response publicly. Based on the results of test seen an increase in students' mathematical understanding abilities after learning approach applied STAD. Keywords: mathematical understanding ability, comparison worth, students teams achievement division.

Page Range

16-22

Issue

1

Volume

3

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v3i1.7547

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7547

References

Badrun, B., & Hartono, H. (2013). Keefektifan metode pembelajaran kooperatif model STAD ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa di kelas VIII SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 120-134. doi:http://dx.doi.org/10.21831/pg.v8i2.8938

Bani, A. (2011). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematik siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran penemuan terbimbing, SPS UPI, Bandung. UPI:Bandung.

Burhan, I. A. (2012). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa SD melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) (Studi kuasi eksperimen pada siswa kelas III SD di Kecamatan Sukajadi Kota Bandung tahun pelajaran 2011-2012). Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa, 1-16.

Fahrurrozi, F., & Mahmudi, A. (2014). Pengaruh PBM dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI terhadap prestasi belajar dan kecerdasan emosional siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 1-11. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2653

Hardi, J., Hudiono, B., & Mirza, A. (2013). Deskripsi pemahaman siswa pada permasalahan perbandingan dan strategi solusi dalam menyelesaikannya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(5), hal

Krisdianto, R. (2010). Penerapan metode STAD (student team achievement division) sebagai strategi penguasaan pelajaran nada baca (shēngdià o) bahasa mandarin di SD Tripusaka Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Manik, D. M. (2009). Penunjang belajar matematika untuk kelas VII (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Ningsih, P. R. (2012). Penerapan metode realistic mathematics education (RME) pada pokok bahasan perbandingan senilai dan berbalik nilai di Kelas VII E SMP Ipiems Surabaya. Gamatika, 3(2).

Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudarman, S. (2014). Meningkatkan kemampuan siswa menyelesaian soal perbandingan dengan pembelajaran matematika realistik siswa SMPN 4 PALU. Media Eksakta, 2(2).

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuli, E. B. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika padamateri persamaan dan pertidaksamaan kuadrat pada peserta didik kelas X teknik komputer jaringan (TKJ) di SMK 45 Wonosari (Doctoral dissertation, UNY).

Wahyuni, A., & Abadi, A. (2014). Perbandingan keefektifan pembelajaran cooperative learning type STAD dan type TPS pada pembelajaran bangun ruang siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 164-175. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2673

Wahyuni, K. S. (2012). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan pembelajaran problem based instruction. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Zulhartati, S. (2012). Pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran IPS. Jurnal Guru Membangun, 26(2).

Share

COinS