•  
  •  
 

Keywords

Hasil belajar, media website, metaanalisis

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh dan perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis website terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Systematic Literature Review menggunakan meta-analisis. Sampel penelitian adalah 30 artikel penelitian eksperimen penggunaan media pembelajaran berbasis website pada tingkat SD hingga PT di Indonesia yang dipublikasikan dalam bentuk jurnal atau prosiding juga hasil penelitian dalam bentuk disertasi antara tahun 2014 dan 2021. Perhitungan besar pengaruh menggunakan effect size dengan formula eta-squared dan Cohen’s d. Hasil analisis menunjukan bahwa effect size dari 30 artikel yang dianalisis adalah heterogen dengan demikian model yang digunakan adalah random efek model. Pengujian random efek model menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif (nilai estimasi positif) penggunaan media pembelajaran matematika berbasis website yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa (p < 0,001) dan hasil funnel menggunakan egger test menunjukan tidak terdapat masalah bias publikasi pada studi meta-analisis ini. Pengujian hipotesis menunjukan tidak terdapat perbedaan rata-rata pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis website di semua jenjang Pendidikan.

Page Range

89-101

Issue

1

Volume

10

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v10i1.49357

References

Amalina & Warmansyah, J. (2020). The Implementation of E-learning Based Edmodo in Linear Algebra. International Journal of Innovation, Creativity and Change. 13(8). https://www.ijicc.net/index.php/volume-13-2020/193-vol-13-iss-8.

Amin, A.K & Mayasari, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro, (Penelitian Dilakukan Pada Mata Kuliah Metode Statistika Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal Magistra No. 94 Th. XXVII Desember 2015.

Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2021). Pengembangan Instrumen Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.30998/sap.v6i1.9311.

Arifin, F., Herman, T. (2018). Pengaruh pembelajaran E-Learning model Web Centric Course terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 12(2). https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/4152.

Astika, R.Y., Anggoro, B.S. Andriani, S. (2019). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidkan Matematika (JP3M). 2(2). https://journal.rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/214.

Azizah, N., Farida, F., & Sugiharta, I. (2018). Model Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Education Edmodo dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 415–422. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/2417.

Baskoro, E. P. (2013). Pengaruh pembelajaran matematika berbasis web terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan peluang (studi eksperimen di kelas XI SMK Pariwisata Kota Cirebon). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i1.67.

Dewi, K.A.I.D., Suarsana, I.M. & Juniantari, M. (2020). Pengaruh E-Learning Berbasis Rumah Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya. 14(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/23986.

Dogruer, N., Eyyam, R., & Menevis, I. (2011). The use of the internet for educational purposes. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 28, 606–611. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.115.

Fitriani, L., Buchori, A., & Nursyahidah, F. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran kahoot dengan model pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) terhadap hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 4, 292–300. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/69.

Graham, S., & Golan, S. (1991). Motivational influences on cognition: Task involvement, ego involvement, and depth of information processing. Journal of Educational Psychology, 83(2), 187–194. https://doi.org/10.1037/0022-0663.83.2.187.

Habiburrahim, H. (2012). The Advantages and Challenges of Internet for Higher Education. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 13(1), 173–182. https://doi.org/10.22373/jid.v13i1.471.

Hadjerrouit, S. (2010). A Conceptual Framework for Using and Evaluating Web-Based Learning Resources in School Education. Journal of Information Technology Education: Research, 9(1), 53–79. https://doi.org/10.28945/1106.

Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran e-learning berbantuan media pembelajaran edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453.

Hannafin, M. J., Land, S., & Oliver, K. (1999). Open learning environments: Foundations and models. In C. Reigeluth (Ed.), Instructional design theories and models: A new paradigm of instructional theory. Erlbaun.

Hartina, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP/MTs [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/10358.

Hatip, A., & Listiana, Y. (2019). Minat, kemandirian dan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika Dalame-Learning berbasis Edmodo. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2261.

Huda, S., Firmansyah, M., Rinaldi, A., Suherman, S., Sugiharta, I., Astuti, D. W., Fatimah, O., & Prasetiyo, A. E. (2019). Understanding of Mathematical Concepts in the Linear Equation with Two Variables: Impact of E-Learning and Blended Learning Using Google Classroom. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 261–270. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.5303.

Ibrahim, D.S. & Suardiman, S.P. (2014).Pengaruh penggunaan E-Learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia. 2 (1). http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645.

Indrawan, I.P.E. & Anggreni, N.L.P.Y. (2019). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo terhadap hasil belajar matematika. Zenodo, 20(1) https://doi.org/10.5281/zenodo.2662136.

Jas, Irwan., Media, R., dan Nilawasti, ZA. (2012). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1).

Loong, E. Y. K., & Herbert, S. (2012). Student perspectives of web-based mathematics. International Journal of Educational Research, 53, 117–126. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2012.03.002.

McKimm, J., Jollie, C., & Cantillon, P. (2003). ABC of learning and teaching: Web based. BMJ, 326, 870–873. https://doi.org/10.1136/bmj.326.7394.870.

Muin, A., & Ulfah, R. M. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswadengan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi moodle. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 73–82. http://dx.doi.org/10.21831/pg.v7i1.2838.

Noviyanti, F., Sugiharta, I., & Farida, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4035.

Nugraha, S., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74.

Padmesh R. & Sreeya B (2019). Benefits of Web-Based Learning. Test Engineering and Management, 81(11–12), 4912–4916. http://www.testmagzine.biz/index.php/testmagzine/article/view/688.

Pambudi, R., Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2019). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 28(2), 175–182. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/345.

Panggabean, S. & Harahap, T.H. (2018). Pengaruh Media E-Learning Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real Prodi Pendidikan Matematika Matematika FKIP UMSU. Prosiding SiManTap IndoMS Aceh Sumut 1 (1), 25-30.

Parikh, M., & Verma, S. (2002). Utilizing Internet technologies to support learning: an empirical analysis. International Journal of Information Management, 22(1), 27–46. https://doi.org/10.1016/S0268-4012(01)00038-X.

Persada, A. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 62–76. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1661.

Polat, D. (2003). Internet in education: support materials for educators. UNESCO Institute for Information Technologies in Education.

Pradja, B., Raisa, R., & Julaeha, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan Aplikasi Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 139–145. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/565.

Rahman, S., Munawar, W., & Berman, E. T. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Proses Pembelajaran Produktif di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137–145. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3746.

Rahmatia, M., Monawati & Darnius, S. (2017). Pengaruh media E-Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Elementary Education Research 2(1). https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/2550

Rahmatika, D. W. I. F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Uin Raden Intan Lampung. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/5163/1/Skripsi Dwi Fadila.Pdf.

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., & M, S. (2019). The Effect of Flipped-Problem Based Learning Model Integrated with LMS-Google Classroom For Senior High School Students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 137–158. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17478/jegys.548350.

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta. In Yogyakarta : Parama Publishing.

Salam, A. D. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis web interaktif (blog) untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pemasaran online sub kompetensi dasar merancang website (studi pada siswa kelas X Tata Niaga SMK Negeri 2 Nganjuk). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/12055.

Sari, S. N., Shodiqin, A., & Buchori, A. (2019). Efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu Kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK pada materi persamaan lingkaran. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 441–446. https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/92.

Sánchez-Meca, J., & Marín-Martínez, F. (2010). Meta Analysis. International Encyclopedia of Education (Third Edition), 274–282. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.01345-2.

Shahibi, M. S., & Rusli, K. N. (2017). The influence of internet usage on student’s academic performance. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(8), 873–887. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i8/3301.

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016a). Pengaruh model blended learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009.

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016b). Pengaruh penerapan model blended learning berbantuan whiteboard animation video terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep siswa SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2016. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/PM-12.pdf .

Sunita, W. & Indriyani, P.I. (2019). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 8(2). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/514

Wang, S. L., & Wu, P. Y. (2008). he role of feedback and self-efficacy on web-based learning: The social cognitive perspective. Computers & Education, 51(4), 1589–1598. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.03.004.

Wasim, J., Sharma, S. K., Khan, I. A., & Siddiqui, J. (2014). Web Based Learning. International Journal of Computer Science and Information Technologies, 5(1), 446–449. https://ijcsit.com/docs/Volume%205/vol5issue01/ijcsit2014050194.pdf.

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainuddin, Z. (2019). Efektivitas Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Dengan Berbantuan Media Pembelajaran Aplikasi Kahoot. Sigma, 5(1), 1-7. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/640.

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-74. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/11410.

Yulietri, F. (2015). Pengaruh model flipped classroom dan discovery learning terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sragen (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).

Share

COinS