•  
  •  
 

Keywords

Persuasive Communication, Da'wah, KH Asyhari Marzuqi

Document Type

Article

Abstract

This research was aimed to find out one of the Da'wah activists, namely KH Asyhari Marzuqi in delivering Da'wah material. Was it using persuasive words or just the opposite, coercive that causes fear? By using persuasive communication theory and other related theories, researchers analyzed the data using qualitative research methods. The approach used in this study was a case study. Data analysis model was with explanation development. Qualitative research is identical to a critical and interpretative research. After conducting the research, the researcher obtained the result that KH Asyhari Marzuqi was a figure of Da'i who was able to preach persuasively. As a communicator, he meets the standards for persuasive da'i. Meanwhile, the message delivered was also a language of invitation that is soft and without coercion.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu aktivis dakwah, yakni KH. Asyhari Marzuqi, dalam menyampaikan materi dakwah. Apakah menggunakan kata-kata persuasif atau justru sebaliknya, koersif yang menimbulkan ketakutan? Dengan menggunakan teori komunikasi persuasif dan teori terkait lainnya, peneliti menganalisis data dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Model analisa data dengan pengembangan penjelasan. Penelitian kualitatif identik dengan sebuah penelitian yang bersifat kritis dan interpretatif. Setelah melakukan penelitian, peneliti mendapatkan hasil bahwa KH Asyhari Marzuqi merupakan sosok da'i yang mampu berdakwah secara persuasif. Sebagai seorang komunikator, ia memenuhi standar untuk dikatakan da'i persuasif. Sementara, pesan yang disampaikan juga berupa bahasa ajakan yang bersifat lembut dan tanpa paksaan.

First Page

11

Last Page

24

Page Range

11-24

Issue

1

Volume

49

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/informasi.v49i1.23115

Source

23115

References

Ananda, L. R., & Kristiana, I. F. (2017). Studi Kasus: Kematangan Sosial Pada Siswa Homeschooling. Empati, 6(1), 257-263.

Creswell, J. W. (2002). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative (pp. 146-166). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

D, M. A. (2015). Strategi Dakwah Masa Kini (Beberapa Langkah Strategis Pemecahan Problematika Dakwah, Lentera, 38 (1), 37-52.

Faizah., Effendi, L.M. (2018). Psikologi Dakwah. Jakarta: Prenanda Media Group.

Farnas, A., & Gumelar, G. (2013). Efektivitas Persuasif melalui Narasi dan Bukti Statistik terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Produk Handphone. JPPP-Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 2 (1), 25-32.

Habibah, A. N. (2013). Pemikiran Tasawuf Akhlâqî KH Asyhari Marzuqi dan Implikasinya dalam Kehidupan Modern. TEOSOFI: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 3(2), 267-290.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8 (1), 21-46.

Kuntowijoyo. K. (2004). "Sejarah/Sastra". Humaniora, 16 (1), 17-26.

Markarma, A. (2014). Komunikasi Dakwah Efektif Dalam Perspektif Alquran. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 11 (1), 127-151.

Marzuqi, A. (2012). 19 Mutiara Ahad Pagi. Yogyakarta: Numeid.

Maulana, H. (2013). Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta: Akademia Permata.

Munir, A. (2009). Mata Air Keikhlasan; Biografi KH. Asyhari Marzuqi. Yogyakarta: Numeid.

Putri, F. I., Lukmantoro, T., & Gono, J. N. (2015). Teknik-teknik Persuasif Dalam Media Sosial (Studi Analisis Isi Kualitatif Pada Akun Mentor Parenting Ayah Edy di YouTube). Interaksi Online, 13 (1).

Sariani, D. (2014). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Komunikasi Interpersonal Masyrakat Kota Batam. Computer Based Information System Journal, 2 (2). 10-31.

Silalahi, U. (2010). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Rafika Aditama.

Sumarjo, H. (2010). Analisis Data Kualitatif Dalam Penelitian Teknik Arsitektur. INformasi dan Ekspose hasil Riset Teknik SIpil dan Arsitektur, 6 (1), 42-52.

Yahya, Y. (2016). Dakwah Islamiyah dan Proselytisme; Telaah Atas Etika Dakwah dalam Kemajemukan. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 1 (1), 81-98.

Yin, R. (1989). Case Study Research, Desain and Method. Beverly Hills, CA, Sage.

Zaini, A. (2013). Dakwah Melalui Internet. AT-TABSYIR. 1 (1), 93-108

Share

COinS