•  
  •  
 

Keywords

iklan layanan masyarakat, daya tarik iklan, hutan gambut

Document Type

Article

Abstract

Social messages in Public Service Ads should be designed as appealing as possible because it affects the effectiveness of the advertisement. This study aims to investigate the attractiveness of public service advertisement of Preserving Peat Forests. The study uses a quantitative approach and data were collected through surveys involving respondents who work in Peat Restoration Agency in South Kalimantan. The measurement uses a semantic differential scale. The results show that informative/rational appeal of Public Service Ads Preserving Peat Forests is in the medium category, while the emotional appeal is rather low. Public Service Advertisement of Preserve Peat Forests which is presented through audio and visual elements is considered less able to attract audience's emotion.

DAYA TARIK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT LESTARIKAN HUTAN GAMBUT

Pesan-pesan sosial dalam Iklan Layanan Masyarakat sebaiknya dirancang semenarik mungkin karena daya tarik sebuah iklan berpengaruh terhadap efektifitas dari iklan yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap daya tarik Iklan Layanan Masyarakat Lestarikan Hutan Gambut yang tayang di beberapa stasiun televisi, salah satunya di Televisi Republik Indonesia Kalimantan Selatan (TVRI Kalsel). Selain tayang di stasiun televisi, iklan tersebut juga dapat diakses melalui channel Youtube Badan Restorasi Gambut - BRG dengan judul PSA Lestarikan Hutan Gambut yang ditayangkan sejak tanggal 7 Januari 2017. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui survei kepada responden dengan cakupan wilayah kerja Badan Restorasi Gambut di Kalimantan Selatan. Skala pengukuran menggunakan skala diferensial simantik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik informatif/rasional Iklan Layanan Masyarakat Lestarikan Hutan Gambut berada pada kategori sedang, sementara daya tarik emosional termasuk rendah. Iklan Layanan Masyarakat Lestarikan Hutan Gambut yang disajikan melalui sejumlah elemen audio dan visual kurang mampu menarik emosional khalayaknya.


First Page

257

Last Page

266

Page Range

257-266

Issue

2

Volume

48

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/informasi.v48i2.21835

Source

21835

References

Ardiansyah, L. et al. (2015). Pengaruh Daya Tarik Iklan terhadap Efektivitas Iklan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 23 (2), 75-84.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Belch, G.E., Belch, M.A. (2001). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspectives. New York: Irwin/Graw Hill.

Hadi, M.U. (1993). Tinjauan Aspek Visual Gambar Fotografi dan Gambar Tangan. Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni, BP ISI Yogyakarta. 3 (4).

Hakim, B. (2006). Lenturan tapi Relevan. Yogyakarta: Galangpress.

Hastuti, S. (2013). Efektifitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi. 2 (2), 67-72.

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Maryani, D. et. al. (2016). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat untuk Orang Berusia 18-25 Tahun Agar Kritis dalam Menerima Informasi di Media Sosial. Jurnal DKV Adiwarna. 1 (8).

Morissan. (2014). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Mufarrih, Z. (2015). Periklanan Sebuah Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Buku Litera.

Sudiantoro, A. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Iklan Layanan Masyarakat Bank Indonesia Versi Ingat 3d dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Khalayak di Kota Semarang. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Sufa, F., & Munas, B. (2012). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Mie Sedap (Survei Pemirsa Iklan Mie Sedap Pada Mahasiswa Kost di Sekitar Kampus Undip, Tembalang). Diponegoro Journal Of Management, 1(4), 226-233.

Tinarbuko, S. (2003). Semiotika Analisis Tanda pada Karya Desain Komunikasi Visual. Jurnal Nirmana, 5 (1), 31-47.

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE Desain Komunikasi Visual - Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service (CAPS).

Share

COinS