•  
  •  
 

Keywords

Literacy, Mass Media, 'Aisyiyah

Document Type

Article

Abstract

As parents mothers play an important role in giving directions to targeted all relating to the event who deserves to consume by family. This study was conducted by adopting descriptive quantitative. Handing out the questionnaire to the Leader of 'Aisyiyah DIY the period 2015-2020. The result of shows that there has been understanding of literacy media of 'Aisyiyah DIY, the attitude shown to the son of/his daughter in preventing negative effects impressions television. But of the that good, do not affect significantly to the attitudes shown.

Sebagai orang tua Ibu memiliki peran penting dalam memberikan arahan kepada
putra-putrinya terkait dengan acara yang layak untuk dikonsumsi keluarga. Penelitian
ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dengan
membagikan kuesioner kepada Pengurus Pimpinan Wilayah Aisyiyah Yogyakarta
periode 2015-2020. Hasil dari menunjukkan adanya pemahaman dari literasi media
Pengurus PWA 'Aisyiyah DIY, adanya sikap yang ditunjukkan kepada putra/putrinya
dalam mencegah dampak buruk tayangan televisi. Akan tetapi dari pemahaman yang
baik tersebut, tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap yang ditunjukkan.


First Page

255

Last Page

270

Page Range

255-270

Issue

2

Volume

47

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/informasi.v47i2.16574

Source

16574

References

Cangara, Hafied. (2000). Pengantar Ilmu komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. (2013). Komunikasi Teori & Praktek Dinamika Komunikasi. Bandung:Alumni.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Jalaluddin Rakhmat. (2002). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Rakhmat, Jalaluddin. (2007). Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: RemadjaKarya

Rinawati, Rini. (2002) “Pengaruh SinetronTerhadap Sikap Ibu-Ibu MengenaiPeran Ganda Wanita”. MediatorJurnalKomunikasi, Volume 3. No. 1, hal.110.

Singarimbun, dan Effendin (2003). Metode Penelitian Survey. Cetakan Kedua, Penerbit PT. Pustaka LP3ES Indonesia, Jakarta

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Solomon, Michael, dkk. 2006. Consumer Behaviour-Third Edition. London:Prentice Hall

Tan, Alexis S. (1985). Mass CommunicationTheories and Research. Columbus Ohio: Grid Publishing, inc.

Share

COinS