•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Keywords

higher order thinking skills, metakognitif, persepsi

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan HOTS siswa yang memperoleh pembelajaran metakognitif dengan kemampuan HOTS siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) perbedaan kemampuan HOTS antara siswa yang memperoleh pembelajaran metakognitif dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional jika dilihat dari tingkat persepsi siswa (tinggi, sedang, rendah); dan (3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan tingkat persepsi siswa pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan HOTS siswa. Teknik analisis data menggunakan ANOVA dua jalan pada taraf signifikansi 5%. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non-tes, instrumen jenis tes adalah tes kemampuan HOTS berupa pretest dan posttest sedangkan instrumen non-tes adalah angket persepsi siswa pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan HOTS siswa yang memperoleh pembelajaran metakognitif dengan kemampuan HOTS siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan kemampuan HOTS antara siswa yang memperoleh pembelajaran metakognitif dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional jika dilihat dari tingkat persepsi siswa (tinggi, sedang, rendah); dan (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan tingkat persepsi siswa pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan HOTS siswa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kemampuan HOTS siswa dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran metakognitif.

Analyzing higher-order thinking skills in metacognitive learning based on students' perception

Abstract

This study aims to reveal (1) the differences in the higher order thinking skill (HOTS) of the students who receive metacognitive teaching with HOTS of those who receive conventional teaching; (2) the differences in HOTS between the students who receive metacognitive teaching and those who receive conventional teaching viewed from the level of student perception; and (3) the effect of the interaction between learning strategies and the level of students' perceptions of mathematics teaching on students' HOTS. This research is a quasi-experiment with the nonequivalent group pretest-posttest design. The instruments used include the HOTS test, and a questionnaire on students' perceptions of mathematics teaching. The data analyzed using two-way ANOVA. The results show that (1) there are differences in HOTS of the students who received metacognitive teaching with the HOTS of those who received conventional teaching; (2) there are differences in HOTS between the students who received metacognitive teaching and those who received conventional teaching, viewed from the level of students' perceptions; and (3) there is no interaction effect between teaching strategies and the level of students' perceptions of mathematics teaching on students' higher-order thinking skill. These results imply that HOTS can be improved through metacognitive teaching.

Page Range

204-216

Issue

2

Volume

16

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pythagoras.v16i2.37926

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/37926

References

Al-Agili M. Z. G, et al. (2012). The factors influence students’ achievement in mathematics: acase for Libyan’s students. World Applied Sciences Journal, 17(9), 1224-1230. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/a8ab/ 0e09da8190624db89ac91df1237912fdb8b9.pdfAmalia, R. (2013). Penerapan model pembelajaran pembuktian untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.upi.edu/1844/1/TMTK1 104452_TITLE.pdf

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airiasian, W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., & Pintrich, P. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching and assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of educational outcomes: Complete edition. New York: Longman.

Bakar, M. A. A., & Ismail, N. (2020). Metacognitive learning strategies in mathematics classroom intervention: areview of implementation and operational design aspect. International Electronic Journal of Mathematics Education,15(1), em0555. https://doi.org/10.29333/iejme/5937

Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMPkelas VIIsemester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671

Gani, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran dan persepsi tentang matematika terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa SMPNegeri di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1700

Hasbullah, & Wibawa, B. (2017). Analysis of mathematics students ability in learning metacognitive strategy type ideal (identify, define, explore, act, look). International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 859-872. https://doi.org/10.29333/iejme/653

Heleni, S. (2009). Pembelajaran kooperatif tipe STADyang diawali dengan pemberian soal cerita untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Pekanbaru. Prosiding Seminar Serantau ke 4. Retrieved from https://docmh.net/the-philosophy-of-money.html?utm_source=atur-cara-seminar-pendidikan-serantau

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran sains di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation.

Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTSand characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247-259. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.1767 4

Karunia, E. L., & Muhammad, R. Y. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Remika Aditama.

Khasanah, U., & Istiningrum, A. A. (2012). Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XProgram Keahlian Akuntansi SMKN1 Pengasih tahun ajaran 2011/2012 dengan motivasi belajar sebagai pemoderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.915

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMPdi Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058

Laurens, T. (2011). Pengembangan Metakognisi dalam Pembelajaran Matematika. Diunduh Di http://P4mriunpat.Wordpress.Com/2011/11/14/Metakognisi-Dalam-Pembelajaran-Matematika. Htm Pada Tanggal, 2.

Lee, K., & Lai, Y. (2017). Facilitating higher-order thinking with the flipped classroom model: a student teacher’s experience in a Hong Kong secondary school. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1). https://doi.org/10.1186/s41039-017-0048-6

Lestari, R. B., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Penerapan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sma ditinjau dari tahapperkembangan kognitif. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31000/prima.v3i2.1209

Lestari, W. (2018, September). Enhancing an ability mathematical reasoning through metacognitive strategies. In Journal of Physics: Conference Series(Vol. 1097, No. 1, p. 012117). IOP Publishing

Mandini, G. W., & Hartono, H. (2018). Analisis kemampuan menyelesaikan soal HOTS model TIMSS dan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21234

Margaret, P. (2015). The Cause of the Low Mathematics Score in Indonesia. Retrieved from http://news.okezone.com/read/2014/09/09/3v3/1036506/ini-penyebab-nilai-matematika-indonesia-rendah

Monariska, E. (2014). Penggunaan self regulated learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan berpikir tingkat tinggi matematika siswa. Prosiding SNM 207, 1016–1019.

Mulyana, A., Hidayat, S., & Sholih, S. (2013). Hubungan antara persepsi, minat, dan sikap siswa dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaranPKn. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i3.291

Permata, S. P., Suherman, S., & Rosha, M. (2012). Penerapan strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika siswa kelasX SMANegeri 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8-13. https://www.academia.edu/31865421/PENERAPAN_STRATEGI_METAKOGNITIF_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_SISWA_KELAS_X_SMA_NEGERI_2_PADANG

Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti E. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas XIdalam pembelajaran trigonometri berbasis masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1), 31-40. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4

Quieng, M. C., Lim, P. P., & Lucas, M. R. D. (2015). 21st century-based soft skills: spotlight on non-cognitive skills in a cognitive-laden dentistry program. European Journal of Contemporary Education, 11(1), 72–81. https://doi.org/10.13187/ejced.2015.11.72

Saragih, S., & Napitupulu, E. (2015). Developing student-centered learning model to improve high order mathematical thinking ability. International Education Studies, 8(6), 41-52. https://doi.org/10.5539/ies.v8n6p104

Sharif, A., & Cho, S. (2015). 21st-century instructional designers: bridging the perceptual gaps between identity, practice, impact and professional development. RUSC. Universities and Knowledge Society Journal, 12(3), 72–85. https://doi.org/10.7238/rusc.v12i3.2176

Slameto. (2016). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi / Slameto. In Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi / Slameto (Vol. 2003, Issue 2003). Rineka Cipta. http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/belajar-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-slameto-22380.html

Subanji. (2013). Pembelajaran Matematika Kreatif dan Menyenangkan. UM Press.Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Tajudin, N. M., & Chinnappan, M. (2016). The Link between Higher Order Thinking Skills, Representation and Concepts in Enhancing TIMSS Tasks. International Journal of Instruction, 9(2), 199–214. https://doi.org/10.12973/iji.2016.9214a

Talmi, I., Hazzan, O., & Katz, R. (2018). Intrinsic motivation and 21st-century skills in an undergraduate engineering project: the formula student project. Higher Education Studies, 8(4), 46. https://doi.org/10.5539/hes.v8n4p46

Tambunan, H. (2018). Impact of heuristic strategy on students’ mathematics ability in high order thinking. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 321-328. https://doi.org/10.12973/iejme/3928

Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The relationship between higher order thinking skills and academic performance of student in mathematics instruction. International Education Studies, 10(11), 78-84. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78

Ulfa, S.W., Manurung, B., & Edi, S. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Menganalisis, Mengevaluasi, Mencipta) dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa STIPAP LPP Medan. http://digilib.unimed.ac.id/4839/1/Fulltext.pdf

Vidergor, H. E. (2018). Effectiveness of the multidimensional curriculum model in developing higher-order thinking skills in elementary and secondary students. Curriculum Journal, 29(1), 95–115. https://doi.org/10.1080/09585176.2017.1318771

Vula, E., Avdyli, R., Berisha, V., Saqipi, B., & Elezi, S. (2017). The impact of metacognitive strategies and self-regulating processes of solving math word problems. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(1), 49–59. Retrieved from https://iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/298

Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.Zubaidah, A. (2017). Strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1198

Share

COinS