•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Keywords

media, bangun ruang, PMRI, RME

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bangun ruang sisi datar menggunakan Macromedia Flash 8 berbasis pendekatan PMRI yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media pembelajaran diujicobakan pada peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan angket dan tes. Hasil penelitian dan pengembangan yang berupa media pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran telah divalidasi oleh pakar dan mendapatkan persentase penilaian sebesar 90% dengan kategori sangat valid, media pembelajaran berdasarkan hasil penilaian angket pada uji coba kelompok kecil (small group) memperoleh persentase penilaian sebesar 86,6% dengan kategori sangat praktis, dan pada uji coba lapangan (field test) berdasarkan hasil nilai tes akhir (posttest) peserta didik menghasilkan persentase ketuntasan sebesar 85,3% dengan kategori sangat baik sehingga media pembelajaran yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.

Development of PMRI approach-based learning media for flat-sided shapes using Macromedia Flash 8

Abstract

This study aims to produce learning media for flat-sided shapes using Macromedia Flash 8 based on the PMRI approach that is valid, practical, and has a potential effect on student learning outcomes. This is a research and development (R&D) using the ADDIE model which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Learning media was tested on class VIII students. Data was collected through the use of questionnaires and tests. The results of research and development in the form of learning media show that learning media have been validated by experts and obtained an assessment percentage of 90% with a very valid category, learning media based on the results of the questionnaire assessment in small group trials obtained an assessment percentage of 86.6 % with a very practical category, and in the field test based on the results of the final test scores (posttest) students produced a percentage of completeness of 85.3% with a very good category so that the learning media developed has a potential effect on student learning outcomes.

Page Range

189-203

Issue

2

Volume

16

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pythagoras.v16i2.42194

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/42194

References

Agustiani, R. (2015). Profil pengetahuan pedagogik konten mahasiswa calon guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 288–305. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1235

Akhmadan, W. (2017). Pengembangan bahan ajar materi garis dan sudut menggunakan Macromedia Flash dan Moodle kelas VII sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 27–40. https://doi.org/doi.org/10.31629/jg.v2i1.62

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Matematika: Buku guru SMP/MTs kelas VIII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/6962

Bernard, M. (2014). Pengaruh pembelajaran dengan menggunakan multimedia macromedia flash terhadap kemampuan penalaran matematik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ProgramPasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung, 425–429. https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2018/04/prosiding-yang-akan-dipublis-2014.pdf

Damayanti, I., & Sabani, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 8(2), 1–7. https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18677

Dewi, S., & Khumaidi, A. (2017). Pengenalan perangkat teknologi informasi dan komunikasi bagi anak usia dini pada Taman Kanak-Kanak (TK) Harapan Kita Kec. Pugung menggunakan aplikasi multimedia Macromedia Flash. Prociding, 5(1), 562–569. http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/kmsi/article/view/476

Efuansyah, E., & Wahyuni, R. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis PMRI pada materi kubus dan balok kelas VIII. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 28–41. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i2.139

Fitriani, N. (2015). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self confidence siswa SMP yang menggunakan pendekatan pendidikan realistik. Euclid, 2(2), 341–351. https://doi.org/10.33603/e.v2i2.368

Friansah, D., Adha, I., & Refianti, R. (2018). Pengembangkan pocket book berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Matematika:Judika Education, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.243

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J.(2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk Macromedia Flash materi tabung untuk SMPkelas IX. Jurnal Ipteks Terapan : Research of Applied Science and Education, 10(2), 95–102. http://ejournal.lldikti10.id/index.php/jit/article/view/422-757

Mahadiraja, D., & Syamsuarnis, S. (2020). Pengembangan modul pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik kelas XI teknik instalasi tenaga listrik T.P 2019/2020 di SMK Negeri 1 Pariaman. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional) (Edisi Elektronik), 6(1), 77–82. https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107612

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan website pembelajaran matematika realistik untuk siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431–440. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.331

Misdalina, M., Zulkardi, Z., & Purwoko, P. (2009). Pengembangan materi integral untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika,3(1), 61–74. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/321

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Mulyatiningsih, E., & Nuryanto, A. (2014). Metode penelitian terapan bidang pendidikan(3rd ed.). Alfabeta.Purwanto, M. N. (2006). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. PT. Remaja Rosdakarya. http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=272

Rahman, A. A., & Fauziana, F. (2018). Analisis faktor eksternalpenyebab kesulitan belajar siswa SMP melalui pembelajaran scientific approach. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 29–40. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/197

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. InternationalJournal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Rayanto, Y. H., Rokhmawan, T., & Maulana, M. Z. A. S. (2020). Penelitian pengembangan model ADDIE dan R2D2: Teori & praktek. Lembaga Academic & Research Institute. https://books.google.co.id/books?id=pJHcDwAAQBAJ

Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Novtiar, C. (2019). Pengembangan media visual basic application untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa SMP dengan pendekatan open-ended. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 95–107. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1897

Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim, S. (2013). Pengembangan media pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga menggunakan Macromedia Flash untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, 14(2), 62–72. https://doi.org/10.33830/jp.v14i2.358.2013

Saputra, V. H., & Permata, P. (2018). Media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash pada materi bangun ruang. Wacana Akademika : Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116–125. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3184

Solihah, S. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang melalui model pembelajaran inquiry di kelas IX.6 SMP Negeri 1 Gunungputri Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Inovasi, 3(4), 13–18. https://jurnal.fmgmpsmpdisdikkabbogor.com/index.php/jkpi/article/view/5

Sugiyono, S. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.Suryani, N., Setiawan, A., Putria, A., & Latifah, P. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Remaja Rosdakarya.

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Macromedia Flash materi luas dan keliling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. SCHOLARIA : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1),73–84. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84

Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2017). Pengembangan media pembelajaran video tutorial interaktif menggunakan aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944

Yaumi, M. (2018). Media & teknologi pembelajaran(S. F. S. Sirate (ed.)). Prenadamedia Group (Divisi Kencana).

Yulia, D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh media pembelajaran Powtoon pada mata pelajaran sejarah Indonesia dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa IIS kelas X di SMA Negeri 17 Batam tahun pelajaran 2017/2018. Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 15–24. https://doi.org/10.33373/his.v2i1.1583

Share

COinS