•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Keywords

pengembangan, bahan ajar, teori belajar ausubel

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berdasarkan teori belajar Ausubel untuk siswa SMP berupa lembar kegiatan siswa (LKS), namun terlebih dahulu dikembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan tes prestasi belajar (TPB) dimana RPP dan LKS memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta TPB memenuhi kriteria valid, praktis, dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model Borg & Gall yang terdiri dari tiga langkah utama yaitu studi pendahuluan, desain produk, dan pengembangan dan evaluasi. Kevalidan produk dilihat dari hasil validasi ahli dan mencapai kriteria valid untuk LKS dan sangat valid untuk RPP dan TPB. Kepraktisan produk mencapai kategori sangat praktis ditinjau dari lembar kepraktisan guru dan siswa serta observasi keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan produk ditinjau dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil uji coba lapangan menunjukkan lebih dari 70% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum untuk pengetahuan dan keterampilan, serta mencapai kriteria baik dan sangat baik untuk ranah sikap.

Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, teori belajar ausubel

Development of mathematics teaching material for junior high school students based on ausubel learning theory

Abstract

This research is aimed to produce teaching material of mathematics based on Ausubel learning theory for Junior High School students in the form of student's activity sheet, but at first the lesson plan is developed and the completeness of learning achievement test, that is the lesson plan and student activity sheet to meet the criteria for a valid, practical, and effective devices and the learning achievement test to meet the criteria for a valid, practical, and reliable devices. This research is the development of a model adapted from Borg & Gall which consists of three main steps such as the preliminary study stage, the stage of product design, and the development and evaluation stages. The validity of the products seen from the results of the validation experts stating that the products reach the valid criteria for student activity sheet and very valid for lesson plan and learning achievement test. The practicality of products seen from the practicality teachers sheet and practicality students sheet and study observation sheet. The effectiveness of the products obtained from attitudes, knowledge, and skills. The results of field trials showed more than 70 % of students achieving mastery Minimum Criteria for knowledge and skills , as well as achieving good and excellent criterion for the attitude sphere .

Keywords: development, instructional materials, Ausubel learning theory

Page Range

182-192

Issue

2

Volume

11

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v11i2.10644

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/10644

References

Aunurrahman. (2010). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta. Ausubel, D. (1963). The psychology of meaningful verbal learning. New York: Grune & Stratton. Ausubel, D. (1978). Educational psychology: a cognitive view. New York: Holt, Rinehart and Winston. Azwar, S. (2009). Tes prestasi fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). New York: Longman. Cai, J., et al (Eds). (2009). Effective mathematics teaching from teachers perspective. Rotterdam: Sense Publishers. Cowan, P. (2006). Teaching mathematics. New York: Routledge. Dahar, R. W. (2011). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Daniel, K. J. (2005). Advance organizers: Activating and building schema for more successful learning in students with disabilities. Kmdan2@netscape: Lynchburg College. Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem pendidikan Nasional. Depdiknas. (2007). Materi sosialisasi dan pelatihan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas. Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Atas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Haylock, D., & Thangata, F. (2007). Key concepts in teaching primary mathematics. London: SAGE Publications Ltd. Jacobsen, D. A., Eggen, P., &Kauchak, D. (2009). Methods for teaching: Metode-metode pengajaran meningkatkan belajar siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kemdikbud. (2013). Tentang implementasi kurikulum 2013 untuk peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia Permata. Maryanto, A., & Pujianto. (2009). Pengembangan model KBSB melalui pembelajaran sains realistik untuk peningkatan aktivitas hands-on dan minds-on siswa. Yogyakarta: FMIPA UNY. Permendikbud Nomor 65. (2013). Standar proses. Jakarta: Depdiknas. Permendikbud Nomor 68. (2013). Kerangka dasar dan struktur kurikulum sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas. Shihusa, H. & Keraro, F. N. (2009). Using advance organizers to enchance students' motivation in learning biology (Ed.5). Kenya: Journal of EURASIA. Slavin, R.E. (2006). Educational psychology: Theory and practice (8th ed.). Boston: Pearson Education Widjajanti, E. (2008). Kualitas lembar kerja siswa (Pelatihan peyusunan lks mata pelajaran Kimia berdasarkan ktsp bagi guru smk/mak). Yogyakarta: FMIPA UNY.

Share

COinS