•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Keywords

pengembangan, perangkat pembelajaran, guided inquiry

Document Type

Article

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran perangkat pembelajaran geometri bangun ruang SMP dengan menggunakan model Guided Inquiry berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development of Research). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS) dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori valid. Hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis dan efektif. Ketuntasan belajar secara klasikal sudah mencapai kriteria minimal 80% yaitu untuk tes ketercapaian kompetensi mencapai 80% sedangkan tes kemampuan berpikir kreatif 86, 67%. Berdasarkan analisis angket motivasi belajar menunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki motivasi dengan kategori minimal baik adalah 80%.

Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, guided inquiry

Developing a learning kit on geometry build space for junior high schools by using model-oriented guided inquiry

Abstract

This research aims to produce a geometry learning device for SMP by using models of Guided Inquiry oriented to creative thinking skills and students' motivation which is valid, practical, and effective. This type of research is research development (Development of Research). This study developed a learning device that includes learning implementation plan (RPP) and the student worksheet (LKS) using a model developed by the development Plomp. The result of the validation shows that the kits device developed are decent with a valid category. The experimental results show that the device developed practical and effective. Classical learning completeness reached at least 80% criterion for the test of achievement of competence reached 80%, while creative thinking ability test 86, 67%. Based on the analysis of motivation questionnaire show that the percentage of students who have a good motivation with minimal category is 80% Keywords: development, learning kit, guided inquiry

Page Range

219-227

Issue

2

Volume

11

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v11i2.10659

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/10659

References

Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Bell, F.H. (1978). Teaching and learning mathematics (In secondary school). Dubuque, IO: Wm. C. Brown Company.

Bonnstetter, R. J. (1998). Inquiry: Learning from the past with an eye on the future. Elektronik Journal of Science Education, 3(1) Volume 3 Number 1, 2-3.

BNSP, (2013). Laporan hasil ujian nasional SMP/MTS tahun pelajaran 2012/2013

Bruner, J. S. (2006). In search of pedagogy (Vols. 1-2). New York, NY: Routledge Publishing.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2003). Pasal 37, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23, Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41, Tahun 2007, tentang Standar Proses

Gooding, J.T.C. (2009). Comparing the perceptions of scientific inquiry between experts and practitioners (Disertasi Doktor, Robert Morris University, 2009). Diambil pada tanggal 10 September 2014, dari http:// Journal of ProQuest.html.

Hilam, & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP dengan metode inkuiri pada persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40-50.

Kompas. (2012). Tujuh puluh persen Siswa Niat Belajar Karena UN. (21 April 2012). Diambil pada tanggal 15 Januari 2015, dari http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/21/10503847/79.Persen.Siswa.Niat.Belajar.karena.UN

Kuhlthau, C. (2007). Guided inquiry: Learning in the 21st century School. New York, NY: Libraries Unlimited, Inc.

Kuhlthau, C. (2010). Guided Inquiry: School libraries in the 21st century School. School Libraries Worldwide. 16(1), 17 - 28.

Leikin, R., & Lev, M. (2013). Mathematical creativity in generally gifted and mathematically excelling adolescents: What makes the difference?. ZDM Mathematics Education, 45(2): 183-197.

Livne, N.L. (2008) Enhanching mathematical creativity through multiple solution to open-ended Problems. Diambil 13 September 2014, dari http://www.iste.org/Content/NavigationMenu/Research/NECC_Research_Paper_Archives/NECC2008/Livne.pdf, 2-3

Matthew, B. M., & Kenneth, I. O. (2013). A Study on the effects of guided inquiry teaching method on student achievement in logic. International Researchers. 2(1), 1-2

Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. UK: Kluwer Academic Publisher

Plomp, T. (2007). An introductional to educational design research. Proceedings of the seminar conducted at the east china normal University, China, 15

Sardin. (2015). Perbandingan keefektifan pembelajaran guided inquiry dan problem solving ditinjau dari prestasi belajar peluang, kemampuan penalaran, dan sikap siswa terhadap matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 189-200. doi:http://dx.doi.org/10.21831/ pg.v10i2.9158

Siswono, T.Y. E., & Novitasari, W. (2007). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pemecahan masalah tipe "what's another way". Jurnal Pendidikan Matematika "Transformasi", 1(1), 1-13

Solikah, M. (2012), Pengaruh kecemasan siswa pada matematika dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Journal UNESA, 1(1), 1-8

Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Utami, N.W., & Jailani. (2012). Permasalahan penyusunan perangkat pembelajaran matematika. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Yamin, M. (2012). Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Share

COinS