•  
  •  
 

Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Keywords

pengembangan multimedia pembelajaran matematika, adobe flas CS3, trigonometri

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran trigonometri menggunakan ADOBE FLASH CS3 untuk pembelajaran matematika siswa SMA kelas X semester II dan mengetahui kelayakan produk multimedia dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk pembelajaran matematika di SMA Kelas X Semester II. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan multimedia pembelajaran matematika menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu: pertama, pendahuluan yaitu studi pustaka dan studi lapangan; kedua, pengembangan yaitu perencanaan dan pengembangan produk awal; dan ketiga, uji lapangan yaitu uji pengembangan terbatas, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dihasilkan dalam pengembangan multimedia pembelajaran matematika trigonometri adalah baik dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan suatu multimedia pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan multimedia pembelajaran matematika, adobe flas CS3, trigonometri

Developing an Trigonometry Multimedia Instruction Using Adobe Flash CS3 for SMA Student

Abstract

This research aims to develop trigonometry multimedia intruction using ADOBE FLASH CS3 for the teaching of mathematics on the semester II class X of SMA and reveal the feasibility of the product in the aspects of validity, practicality and effectiveness aspec. This research is development research use Borg and Gall development models, conducted through three phases: first, introduction that included the study of literature and field studies; second, development that included the planning and development of the initial product; trird, field testing which included a limited development testing, a small group testing, and field trials. The result of research indicating that resulted in the development of multimedia learning multimedia math Trigonometry is good seen from the aspect of validity, practicality, and effectiveness of a multimedia learning. Keywords: development mathematics multimedia instruction, adobe flash CS3, trigonometry

Page Range

88-99

Issue

1

Volume

3

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v3i1.9681

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/9681

References

Agnew, P.W., Kellerman, A.S & Meyer, M.J. (1996). Multimedia in the classroom. Boston: Allyn and Bacon.

Alessi, S.M., & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning method and development. Needham Heights: Allyn & Bacon.

Arsyad, A. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Ayda, E., & Widjajanti, D. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran teorema pythagoras dengan media berbantuan komputer. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 216-226. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2677

Borovcnik, M., & Kapadia, R. (2009). Research developments in probability education. International electronik journal of mathematics education, 4, 11-130.

BSNP. (2007). Peraturan menteri pendidikan nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses. Jakarta: Depdiknas.

Cobb, P., Gravemeijer, K., & Yackel, E. (2011). Symbolizing And instructtional design-developing instructional sequen-ces to support students mathematical learning. Dalam Sfard. A., Gravemeijer, K., & Yackel, E. (Eds.), A Journey in mathematics education research (pp. 76-82). New York : Springer.

Damniamiseno, A.G. (2011). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam pengembangan pem-belajaran. Makalah disampaikan dalam Seminar Pendidikan di FKIP Universitas Sanat Dharma Yogyakarta pada tanggal 15 Januari 2011.

Gyongyver, M. (2001). New ICT in education - clasroom of the future project. disampaikan dalam Framework of The Research Group on The Development of Competence University of Szeged, Hungaria.

Hackbarth, S. (1996). The Educational technology handbook: comprehensive guide process and products for learning. New Jersey: Educ. Tech-nology Publ.

Hadi, S., & Suryono, Y. (2014). Pengembangan model evaluasi pendidikan kecakapan hidup pada pendidikan luar sekolah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 261-274. doi:http://dx.doi.org/10.21831/pep.v18i2.2865

Ismaniati, CH. (2010). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemp, E.J., & Dayton. (1985). Planing and producing instructional media. New York: harper & Row Publisher Inc.

Lee, W.W., & Owen, D.L. (2004). Multimedia-based instructional design. San Francisco, CA : John Wiley & Sons, Inc

Muijs, D. & Reynalds, D. (2005). Effective teaching: Evidence and practice (2nd ed). London: SAGE.

Mukminan. (2012). Teknologi pem-belajaran dan peran ict dalam rangka redesain pembelajaran menyongsong pendidikan di era global. Disampaikan Pada Seminar Pendidikan Dengan Tema "Redesain Pem-belajaran Menyongsong Pendidikan di Era Global" di Universitas Jambi pada tanggal 21 April 2012.

Mulyasa. (2013). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Munadi, Y.(2008). Media pembelajaran; sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Newby, T., Stepich, D., Lehman, J. & Russell, J. (1996). Instructional technology for teaching and learning: designing instruction, integrating computers, and using media. Columbus: Merill.

Nieveen, N., et al. (1999). Prototyping to reach product quality. London: Kluwer Academic Publisher.

Richey, R. C., Klein, J. D., & Nelson, W. A. (2003). Design research. Dalam Jonassen, D. H. (Eds.), Handbook of research for educational communi-cations and technology (3 ed.), (pp. 715-734). Princeton, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Roblyer, M.D., & Doering, A.H. (2003). Integrating educational technology into teaching. Mahwah, NJ: Pearson Education, Inc.

Roblyer, M.D., & Doering, A.H. (2003). Integrating educational technology into teaching. Mahwah, NJ: Pearson Education, Inc.

Sadiman, A.S. et al. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatan, Jakarta: Pustekkom Diknas & Raja Grafindo Perkasa.

Seels, B. B. & Richey, R. C. (1994). Instructional technology: the definition and domain of the field. Woshington, DC: Aect.

Sousa, D. A. (2008). How the brain learns mathematics. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Van den Heuvel-Panhuizen, M (2000). Mathematics education in the Netherlands: A guide tour. CD-Rom of the RME Materials, produced for the ICME9 Congress in Japan, July 2000.

Vaughan, T. (2006). Multimedia making it work. (terjemahan Theresia Arie Prabawati & Agnes Heni Triyuliana. Yogyakarta: ANDI.

Share

COinS