•  
  •  
 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muntilan, dan (2) membandingkan metode pembelajaran inkuiri dengan metode pembelajaran konvensional dalam hal ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu dan kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat (MANOVA), kemudian dilanjutkan dengan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian menunjukkan hasil bahwa (1) ada pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muntilan, dan (2) metode pembelajaran inkuiri lebih unggul dari pada metode pembelajaran konvensional dalam hal ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muntilan.

Kata Kunci: metode pembelajaran inkuiri, ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, dan kemampuan penalaran matematis

The Effects of Inquiry Method on the Basic Competency Achievement, Curiosity, and Mathematical Reasoning Skill

Abstract

This research was aimed at: (1) describing the influence of the inquiry learning method on basic competence achievement, curiosity, and mathematical reasoning skills of the students of class XI Science of SMA N 1 Muntilan, and (2) comparing between inquiry learning method and conventional learning method in terms of achievement of basic competence, curiosity, and mathematical reasoning skills. The research was a quasi-experimental research. Data collection techniques used test and non-test technique. The data analysis technique used the multivariate test (MANOVA), followed by independent sample t-test with the significance level of 0.05. This research showed the following results: (1) there is an influence of inquiry learning towards the achievement of basic competence, curiosity, and mathematic reasoning skill of the students of grade XI science at SMA Negeri 1 Muntilan, and (2) the inquiry learning method was better thatn the conventional learning method in terms of achievement of basic competence, curiosity, and mathematical reasoning skill. Keywords: inquiry learning methods, the basic competences achievement, curiosity, and mathematical reasoning skill.

Share

COinS