Abstract
Sudah tidak asing lagi jika ada siswa SMP atau SMA yang tidak senang pada pelajaran matematika khususnya Geometri. Hal tersebut mungkin karena mereka belum terbiasa menggeluti atau belajar lebih dalam tentang Geometri Apabila mereka sudah terbiasa belajar atau menekuni lebih dalam tentang geometri ini dimungkinkan mereka justru akan memandang geometri adalah sangat menyenangkan dan terasa indah sekali . Oleh karena itu di sini akan ditunjukkan salah satu keindahan dari geometri yaitu adanya lingkaran titik sembilan. Diharapkan dengan melihat keindahannya siswa akan senang pada Geometri khususnya dan Matematika pada umumnya. Lingkaran ttitik sembilan yang juga disebut lingkaran Feuerbach adalah lingkaran yang melalui 9 titik titik istimewa dalam suatu segitiga. Keindahan lingkaran itu tampak antara lain dari buktinya yang menggunakan banyak konsep dan sifat-sifat dalam geometri . Selain itu. Titik-titik istimewa dalam segitiga itu tidak terlalu banyak, tetapi 9 diantaranya terletak pada lingkaran ini, adalah suatu hal yang sangat istimewa. Secara visual, lingkaran titik sembilan dapat ditunjukkan dengan menggunakan perangkat jangka dan penggaris. Saat ini jangka dan penggaris sebagai alat melukis di papan tulis hitam (blackbord) sudah jarang dilakukan di sekolah. Hal ini disebabkan antara lain 1) Black board dan kapur diganti dengan white board dan spidol yang licin dan sulit digunakan untuk melukis . 2) Guru tidak berminat memberikan materi lukisan pada siswanya karena pada ujian akhir nasional, lukisan tidak pernah keluar. 3). Banyak guru SMP/SMA yang tidak dapat melukis menggunakan jangka dan penggaris ini, sekalipun hanya lukisan-lukisan dasar. Salah satu alternatif agar visualisasi dapat terwujud sehingga memudahkan siswa memahami konsep tanpa menggunakan jangka dan penggaris serta siswa tertarik melakukan , adalah melukis/menggambar dan menunjukkan sifat-sifat dalam geometri adalah dengan menggunakan komputer program CABRI.
Kata Kunci : Lingkaran Titik Sembilan, Geometri, CABRI.
First Page
65
Last Page
71
Recommended Citation
Sugiyono, S. (2007). MEMOTIVASI SISWA BELAJAR GEOMETRI DENGAN LINGKARAN TITIK SEMBILAN. PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 65-71. https://doi.org/10.21831/pg.v3i2.678