Abstract
Di dunia yang begitu cepat berubah, kreativitas menjadi penentu keunggulan. Daya kompetitif suatu bangsa sangat ditentukan pula oleh kreativitas sumber daya manusianya. Tidak sebagaimana pandangan klasik yang menganggap kreativitas sebagai kemampuan yang hanya dimiliki oleh individu luar biasa, pandangan terkini mengenai kreativitas menempatkannya sebagai kemampuan yang dapat dibentuk atau dikembangkan melalui berbagai usaha, termasuk melalui kegiatan pembelajaran yang terencana dengan baik. Dalam artikel ini dikemukakan mengenai keterkaitan problem posing yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan pengembangan kemampuan siswa terhadap tiga dimensi utama kreativitas, yaitu kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), dan kebaruan (novelty).
Kata kunci: kreativitas, problem posing
Recommended Citation
Mahmudi, A. (2007). MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PROBLEM POSING. PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 43-50. https://doi.org/10.21831/pg.v3i1.641