•  
  •  
 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal terbuka (open-ended problem) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII yang valid dan memiliki karakteristik soal yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang ditetapkan oleh McIntire & Miller. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan, perancangan produk dan pengembangan produk. Penelitian ini menghasilkan soal terbuka (open-ended problem) yang meliputi kisi-kisi soal, 28 butir soal uraian (essay), dan pedoman penskoran. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kategori valid. Soal terbuka yang dikembangkan juga memiliki karakteristik yang baik ditinjau dari tingkat kesulitan soal dan daya pembeda soal, keduanya berturut-turut berada pada kategori sedang dan soal diterima dengan baik. Hasil estimasi reliabilitas sebesar 0,72 dengan standar kesalahan pengukuran atau SEM sebesar 2,376. Berdasarkan hasil uji lapangan, kemampuan berpikir kreatif siswa hanya berada pada kemampuan kelancaran dan keterincian, sedangkan prestasi belajar matematika siswa mencapai kategori positif. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa soal terbuka (open-ended problem) yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan soal terbuka, open-ended problem

Developing An Open Question Test (Open-Ended Problem) in Mathematics for Year Eight Students Of Junior High School

Abstract

This aim of study were to produce a valid and good open question test (open-ended problem) in learning mathematics for 8th grade students of JHS. This was a developmental reserach using development model set by McIntire & Miller. The steps in this study included preliminary study, product design, and product development. The result of this study was an open question test (open-ended problem), including test blueprint, 28 items of essay tests, and scoring guide. The validation result showed that the developed tests have a valid category. The developed open questions also have a good characteristic, viewed from the test difficulty and distinguishing power which are in medium category and available received. The generated reliability is 0,72 with the measurement error standard or SEM is 2,376. Based on the field trial result, students' creative thinking ability just stated on fluently and detail, and student' mathematics achievement was in positive category. Overall, the study result showed that the developed open questions (open-ended problem) are feasible to use. Keywords: Open question development, open-ended problem

First Page

38

Last Page

49

Share

COinS