•  
  •  
 

Keywords

kualitatif deskriptif, konteks gelas, RME, keliling lingkaran, descriptive qualitative, the context of glass, the circumference of the circle

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konteks gelas dalam mendukung pembelajaran konsep keliling lingkaran dan mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Surya Bangsa, Tangerang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.A Tahun Ajaran 2015/2016 semester II dengan jumlah peserta didik sebanyak 13 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas Lembar Aktivitas Peserta Didik (LAPD), Soal Evaluasi, Lembar Observasi Guru, Panduan Wawancara dan Angket Respon Peserta Didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi rekaman video, pengisian dokumen penelitian, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles & Huberman (1994) yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan konteks gelas berdasarkan karakteristik pendekatan RME. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konteks gelas berperan penting dalam mendukung pembelajaran konsep keliling lingkaran. Selain itu, peserta didik memiliki respon yang positif terhadap pembelajaran matematika yang diberikan menggunakan pendekatan RME.

Learning Circumference using the Context of Glass

Abstract

This research aims to find out the role of glass as a context in supporting the concepts of the circumference of the circle and to know the response of learners in learning mathematics using Realistic Mathematics Education (RME) approach. This research conducted at Surya Bangsa Junior High School, Tangerang. The subjects of this study are students of class VIII.A in the academic year 2015/2016 semester II with the number of learners as many as 13 people. The research instruments used in this study consist of Student Activity Sheet (SAS), Evaluation Test, Observation Sheet, Interview Guide, and Questionnaire. Data collection techniques in this study include video recording, completion of research documents, observation, and interviews. Data analysis technique using Miles & Huberman (1994) model consisting of reduction data, presenting data, conclusion and verification. The learning in this study uses the context of glass based on the characteristics of the RME approach. The results of this study indicate that the context of glass plays a significant role in supporting learning the concept of the circumference of the circle. Also, learners have a positive response in learning mathematics provided using the RME approach.

Page Range

128-140

Issue

2

Volume

4

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v4i2.14829

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/14829

References

Ahmad, A., Usodo, B., & Riyadi, R. (2014). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan jigsaw II pada materi pokok bangun ruang ditinjau dari kemampuan spasial siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(8), 804-815. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4821

Emilya, D., Darmawijoyo, D., & Ilma, R. (2010). Pengembangan soal-soal open-ended materi lingkaran untuk meningkatkan penalaran matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). Retrieved from http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/316

Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing realistic mathematics education: Ontwikkelen van Realistisch Reken/wiskundeonderwijs. Utrecht: CD-[beta] Press.

Hadi, S. (2017). Pendidikan matematika realistik: Teori, pengembangan dan implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Hernawati, F. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI berorientasi pada kemampuan representasi matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-44. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9685

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, Pub. L. No. 22 (2006). Indonesia.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. London: SAGE Publications Ltd.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi penelitian kualitatif (Ed. Rev.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prahmana, R. C. I. (2010). Permainan "Tepuk Bergilir" yang berorientasi konstruktivisme dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). Retrieved from http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/406

Prahmana, R. C. I. (2012, January 17). Pendesainan pembelajaran operasi bilangan menggunakan permainan tradisional tepuk bergambar untuk siswa kelas III sekolah dasar (SD). Univesitas Sriwijaya. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.33884.59529

Prahmana, R. C. I., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2012). Learning multiplication using indonesian traditional game in third grade. Journal on Mathematics Education, 3(2). Retrieved from http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/570

Santosa, B., Budiyono, B., & Subanti, S. (2014). Eksperimentasi model pembelajaran team games tournament (TGT) dan jigsaw dengan pendekatan matematika realistik ditinjau dari kecemasan menghadapi tes siswa kelas VII SMP Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 88-98. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3656

Sari, W. R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 109. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10407

Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., & Harningsih, E. (2009). Meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa SMP melalui pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 1-14.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik: Suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Share

COinS