•  
  •  
 

Keywords

bahan ajar, bangun ruang sisi datar

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi bangun ruang sisi datar sebagai bagian dari persiapan calon guru sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan pendidikan (educational research and development) sehingga yang diharapkan adalah adanya produk berupa modul berisi materi bangun ruang sisi datar yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk proses pembelajaran. Pengembangan produk dilakukan dengan cara menganalisis kebutuhan, mendesain pengembangan, memproduksi/ mengembangkan bahan ajar, melakukan evaluasi produk, dan melakukan uji coba produk akhir dalam skala kecil dan skala besar kemudian dilanjutkan dengan proses produksi dan disebarluaskan. Penilaian produk bahan ajar Bangun Ruang Sisi Datar menunjukkan hasil yang positif. Hasil penilaian ahli materi dan ahli pembelajaran hasil pengembangan termasuk dalam kategori "sangat baik" yaitu 4,8 dan 4,3. Sedangkan hasil uji coba dalam skala kecil menunjukkan bahwa frekuensi kelayakan produk untuk dikembangkan sebesar 4,71. Adapun rerata nilai pretest adalah 77,5 dan rerata nilai posttest adalah 85,83. Adapun untuk uji coba produk dalam skala besar menunjukkan bahwa sebanyak 47,72% berada dalam kategori cukup baik dan 25% berada dalam kategori baik dan 6,81% berada pada kategori sangat baik. Jadi pengembangan produk bahan ajar Bangun Ruang Sisi Datar perlu untuk diproduksi dan disebarluaskan untuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan.

Kata Kunci: bahan ajar & bangun ruang

The Development of Three-Dimensional Geometry to Prepare for Prospective Elementary School Teacher

Abstract

This research aims to develop learning materials, three-dimensional geometry to prepare for prospective primary school teachers. This research is the educational research and development. so that the product is expected to be the module containing the material three-dimensional geometry which can be used as a guide to the learning process. Product development is carried out by means of analyzing needs, designing development, producing/developing learning materials, evaluate products, and perform a test run of the final products in small scale and large scale then continued with the production process and disseminated. Product assessment materials of three-dimensional geometry show positive results. The results of the expert assessment of the material and expert learning outcomes development included in the category of "excellent" 4.8 and 4.3. While the results of a test on a small scale show that the frequency of the feasibility of the product to be developed of 4.71. As for the average value of the pretest is 77.5 and average values for the posttest is 85.83. the value test products in large scale show that as much as 47.72% are in a category is enough and 25% are in the category of good and 6.81% are on an excellent category. Product development learning materials three-dimensional geometry need to be produced and disseminated to quality improvement and quality education.

Keywords: learning materials and Three-dimensional geometry

Page Range

108-119

Issue

1

Volume

4

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v4i1.11469

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/11469

References

Chambers, P., & Timlin, R. (2013). Teaching mathematics in the secondary school. Thousand Oaks, CA: SAGE.

Depdiknas. (2008). Pedoman pelaksanaan materi pembelajaran dan pengembangan pembelajaran contextual (CTL) sekolah menengah pertama (SMP). Jakarta: BP Cipta Jaya.

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research : An introduction. Pearson/Allyn & Bacon.

Kidd, W., & Czerniawski, G. (2010). Successful teaching 14-19 : theory, practice, and reflection. New Delhi, India: Sage.

Manfaat, B. (2010). Membumikan matematika: Dari kampus ke kampung. Cirebon: PT Buku Kita.

Matutina, J. A. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa mata pelajaran matematika materi bentuk aljabar dengan pendekatan kontektual untuk siswa SMP kelas VII. Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/13206/

Satrianawati, S. (2015). Pengaruh penggunaan model problem-based learning dan project-based learning terhadap kemampuan penalaran dan sikap siswa pada matematika di kelas IV SD Kanisius Demangan Baru 1 Yogyakarta dalam implementasi Kurikulum 2013. Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/14205/

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

The National Council of Teachers of Mathematics. (2000). NCTM principles and standards for school mathematics,. Association Drive, Reston, VA: Library of Congres Cataloguing-in-Publication Data. Retrieved from https://www.nctm.org/store/Products/NCTM-Principles-and-Standards-for-School-Mathematics,-Full-Edition-(PDF)/

Share

COinS