Keywords
Numerasi, Growth Mindset
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi dan tingkat growth mindset siswa SMP dan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Purworejo. Penelitian dilakukan pada enam sekolah dengan total sampel sebanyak 171 siswa kelas VIII dari tiga SMP dan tiga Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Purworejo. Data dianalisis menggunakan estimasi parameter untuk melihat kemampuan numerasi dan tingkat growth mindset populasi serta uji korelasi untuk melihat hubungan kemampuan numerasi dan tingkat growth mindset siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum rata-rata skor kemampuan numerasi siswa berada dalam kategori perlu intervensi khusus dan tingkat growth mindset siswa berada dalam kategori sedang. Berdasarkan uji korelasi didapatkan hubungan antara kemampuan numerasi dan growth mindset siswa yang signifikan namun rendah.
Issue
2
Volume
10
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jrpm.v10i2.66831
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/66831
Recommended Citation
Wijaya, A. (2023). Kemampuan Numerasi dan Growth Mindset Siswa SMP dan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Purworejo. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v10i2.66831