Keywords
PBL, PS, kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar siswa.
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan problem based learning (PBL) dan problem solving (PS) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gantiwarno dan sampel penelitian kelas VIIIC dan VIIID. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis, angket kemandirian belajar siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Validitas isi dilakukan dengan v aiken diperoleh nilai v hitung pretest sebesar 0,97 dan v hitung posttest sebesar 0,99 lebih besar dari v tabel. Estimasi reliabilitas dengan alpha croncbach diperoleh hasil estimasi nilai reliabitas pretest sebesar 0,861, posttest sebesar 0,832, dan angket sebesar 0,90. Hasil reliabilitas alpha croncbach ini > 0,70 maka reliabilitas terpenuhi. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa pendekatan PBL lebih efektif dibandingkan pendekatan PS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa SMP.
Issue
2
Volume
10
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jrpm.v10i2.65754
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/65754
Recommended Citation
Chrisdiyanto, E., & Hamdi, S. (2023). Efektivitas Pendekatan Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Gantiwarno. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v10i2.65754
References
Arend, B. (2009). Encouraging critical thinking in online threaded discussions. International Review of Research in Open and Distance Learning, 10(1), 1-23. https://doi.org/10.19173/irrodl.v10i1.589
Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Guru Kita, 2(3), 106-115. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/10392/9331
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas problem based learning-problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294-303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209
Azizah, L. I. R., Sugiyanti, S., & Happy, N. (2019). Efektivitas model pembelajaran problem-based learning (PBL) dan guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(4), 30-36. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3853
Badarudin, Muslim, A., & Sadeli, E. H. (2022). Model problem based learning berbasis literasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 154-163. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.13359
Bag, H. K., & Gursoy, E. (2021). The effect of critical thinking embedded english course design to the improvement of critical thinking skills of secondary. Thinking Skills and Creativity, 41(100910). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100910
Creswell, J. W. (2013). Educational research (fourth). Boston: Peasron Education, Inc.
Darhim, Prabawanto, S., & Susilo, B. E. (2020). The effect of problem-based learning and mathematical problem posing in improving student's critical thinking skills. International Journal of Instruction, 13(4), 103-116. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1347a
Dharma, A. (2016). Pendidikan guru penggerak (K. Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan (ed.); hal. 1-23).
Eggen, & Kauchak. (2012). Strategie and models for teachers: Teaching content and thinking skills sixth edition. Peasron Education, Inc.
Evendi, E., Al Kusaeri, A. K., Pardi, M. H. H., Sucipto, L., Bayani, F., & Prayogi, S. (2022). Assessing students' critical thinking skills viewed from cognitive style: Study on implementation of problem-based e-learning model in mathematics courses. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(7). https://doi.org/10.29333/ejmste/12161
Evi, T., Indarini, E., Kristen, U., Wacana, S., & Tengah, J. (2021). Meta analisis efektivitas model problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385-395.
Febriana, T., & Indarini, E. (2020). Komparasi pembelajaran problem based learning (PBL) dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1016-1020. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.494
Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students' mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291-299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300
Ismail, N. S., Harun, J., Aman, M., Megat, Z., & Salleh, S. (2018). The effect of mobile problem-based learning application DicScience PBL on students' critical thinking. Thinking Skills and Creativity, 28, 177-195. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.04.002
Kemendikbudristek. (2021). Bahan ajar Profil Pelajar Pancasila (hal. 5). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Kurniyawati, Y., Mahmudi, A., & Wahyuningrum, E. (2019). Efektivitas problem-based learning ditinjau dari keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 118-129. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.26985
Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I. D., Sari, T. M., & Ismirawati, N. (2019). RICOSRE: A learning model to develop critical thinking skills for students with different academic abilities. International Journal of Instruction, 12(2), 417-434. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12227a
Mendikbudristek. (2022). No 07 Tahun 2022 ttg Standar Isi PAUD, SD, SMP. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 1-10.
Ning, W., Kumalaretna, D., & Harapan, S. M. K. T. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195-205.
Ode, W., Andriani, L., & Buton, U. M. (2021). Studi komparatif model problem solving dengan model teams games tournament ( TGT ) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).
Rasyid, A. (2019). Pengaruh kompetensi guru dan self directed learning terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih pada siswa kelas VIII MTS N 17 Jakarta tahun pelajaran 2018 / 2019. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 89-99.
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. In Prenada Media (Nomor).
Schleicher. (2019). Insights and Interpretations. OECD, 3-62.
Tusitadevi, R. S., & Astuti, S. (2021). Meta analisis efektivitas model pembelajaran problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V. Inventa, 5(1), 1-15. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3528