Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan problem-based learning dan inquiry-based learning ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs sekecamatan Rasana'e Barat Kota Bima dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Sartu Atap rasana'e Barat Kota Bima dan tiga kelas dipilih yaitu dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data penelitian dianalisis dengan uji one sample t test, uji Bonferroni pada signifikansi 5% dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar: (1) problem-based learning dan inquiry-based learning efektif, (sedangkan pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa), (2) problem-based learning dan inquiry-based learning lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan (3) problem-based learning lebih efektif dibandingkan dengan inquiry-based learning.
Kata Kunci: problem-based learning, inquiry-based learning, prestasi belajar, kemampuan represen-tasi matematika, motivasi belajar siswa.
Page Range
227-240
Issue
2
Volume
1
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jrpm.v1i2.2678
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2678
Recommended Citation
Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). KEEFEKTIFAN PBL DAN IBL DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS, DAN MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678
References
Arends, R., I. (2008). Learning to teach. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hill Companies. (Buku Asli Diterbitkan tahun 2007)
Arends, R., I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning. New York: Routledge.
Azwar, S. (2011). Tes prestasi: fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baden, M., S., & Major, C., H. (2004). Foundations of problem-based learning. New York: Society for Research into Higher Education & Open University Press.
Beetlestone, F. (2012). Creative learning. (diterjemahkan oleh Narulita Yusron). Philadelphia: Open University Press. (Buku Asli diterbitkan tahun 1998).
Coffman, T. (2009). Engaging students through inquiry-oriented learning and technology. Lanham: The Rowman & Littlefield Publishing Group, Inc.
Depdiknas. (2006). Peraturan menteri Nomor 22 tahun 2006, tentang Standar Pendidikan Nasional.
Duch, B., J., Groh, S., E., & Allen, D., E. (2001). The power of problem-based learning. Sterling, Virginia: Stylus.
Harian Kompas 2 Juni 2012 “Banyak siswa tak lulus ujian matematika. kompas edukasi. Di akses di http://edukasi.kompas.com
Hwang, W., Y., et al. (2007). Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system. Educational Technology And Society. Vol 10 no 2, pp 191-212.
Jacobsen, D., A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods for teaching. (diterjemahkan oleh Achmad Fawaid & Khoirul Anam). New Jersey: Pearson Education, Inc. (Buku Asli Diterbitkan tahun 2009).
Masykur, Ag., M., & Fathani, A., H. (2008). Mathematical intelligence. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Moore, K. D. (2009). Effective instructional strategies: From theory to practice (2nd..ed). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, Inc..
Mudjiman, H. (2007). Belajar mandiri (selfmotovated learning). Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) & UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).
Muijs, D., & Reynolds, D. (2008). Efective teaching. (Terjemah Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). London: Sage Publication Ltd. (Buku Asli Diterbitkan tahun 2008).
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reton, VA: NCTM,
Inc.
Santrock, J., W. (2009). Psikologi pendidikan (Penerjemah Diana Angelica). New York: McGraw-Hill. (Buku Asli Diterbitkan Tahun 2008).
Santrock, J., W. (2011). Educational psychology. New York: McGraw-Hill.
Sobel, M. A., & Maletsky, E. M. (2004). Mengajar matematika, sebuah buku sumber alat peraga, aktivitas dan strategi. (Terjemahan Suyono). Needham Height, MA: Allyn & Balcon. (Buku asli diterbitkan tahun 1999).
Sudijono, A. (2008). Pengantar statistika pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tan, O., S. (2004). Enhancing thinking through problem-based learning approaches. Bangkok: Cengage Learning.
Taylor, J., H., & Bilbrey, J., K., Jr. (2011). Teacher perceptions of inquiry-based instruction vs teacher-based instruction. International Review of Social Sciences and Humanities. Vol.2, No.1, pp. 152162.
Uno, H., B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Venkat, H., & Assien, A., A. (2011). Mathematics in a globalized world. Proceedings of the seventeenth national congress of the association for mathematics education of south Africa (AMESA). Volume 1. Published AMESA.
Wardhani, S., & Rumiati (2011). Instrumen penilaian hasil belajar matematika smp: belajar dari pisa dan timss. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
White, J., H., D., C., & Harbaugh, A., P. (2010). Learner-centered instruction. Thousand Oaks, California: Sage.
Wolkfolk, A. (2007). Educational psychology (10rd ed). Boston: Pearson Education.
Yunus, A., S., MD & Ali, W., Z., W. (2009). Motivation in the learning of mathematics. European Journal of Social Science, 7, 93-101.