•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP dengan media berbantuan komputer pada materi teorema Pythagoras yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika dan mathematics self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri atas empat tahap, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Subjek coba dalam penelitian ini terdiri atas 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji coba lapangan. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Banyubiru, Kabupaten Semarang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan kuesioner mathematics self-efficacy. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika banyaknya siswa yang memperoleh nilai tes akhir melebihi KKM lebih dari 75% dan siswa yang memiliki skor mathematics self-efficacy pada kriteria tinggi atau sangat tinggi lebih dari 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan efektif ditinjau dari prestasi siswa dan skor mathematics self-efficacy mereka.

Kata kunci: pengembangan, silabus, RPP, LKS, media, prestasi belajar siswa, mathematics self-efficacy.

Page Range

216-226

Issue

2

Volume

1

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v1i2.2677

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2677

References

Anjum, R. (2006). The impact of self-efficacy on mathematics achievement of primary school children. Pakistan Journal of Psychological Reasearch: Winter, 21, ¾; ProQuest Research Library.

Bandura, A. (1995). Exercise of personal and collective efficacy in changing societies. In A. Bandura (Ed.), Self-efficacy in changing societies. New York: Cambridge University Press.

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifiying theory of behavioral change. Psychological Review. Vol. 34, No. 2, 191-215. Error! Hyperlink reference not valid..

Crawford, M. L. (2001). Teaching contextually: Research, rationale, and techniques for improving student motivation and achievement in mathematics and science. Waco, Texas: CCI Publishing, Inc.

Johnson, E. B. (2010). CTL Contextual teaching learning: Menjadikan kegiat-an belajarmengajar mengasyikkan dan bermakna. Cetakan Pertama. (Ter-jemahan Ibnu Setiawan). Bandung: Kaifa. (Buku asli diterbitkan tahun 2009).

Liu, X., & Koirala, H. (2009). The effect of mathematics self-efficacy on mathematics achievement of high school students. In: Proceeding of the NERA (Northeastern Educational Research Association) Conference 2009. Tersedia di Error! Hyperlink reference not valid. diakses tanggal 29 Mei 2013).

Masnur Muslich. (2008). KTSP pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual: Panduan bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Cetakan ke-4. Jakarta: Bumi Aksara.

Moore, K. D. (2009). Effective instructional strategies: from theory to practice. London: Sage Publication, Inc.

Ormrod, J. E. (2003). Educational psychology: Developing learners. (4th ed.). Upper Saddle River,NJ: Merril Prentice Hall.

Sengul, S. (2011). Effects of concept cartoons on mathematics self-efficacy of 7th grade students. Educational Sciences: Theory & Practice-11(4). Auntumnpage 2305-2313.

Skemp, R. R. (1971). The psychology of learning mathematics. Victoria,

Australia: Penguin Books Ltd.

Souders, J. (1999). Contextually based learning: Fad or proven practice. American Youth Policy Forum. Washington, D. C. Diungguh dari http://www.aypf.org/forumbriefs/1999/t b070999.htm. Diungguh tanggal 20 Mei 2013.

Sunnetha, E., Sambasiva Rao, R., & Bhaskara Rao, D. (2011). Methods of teaching mathematics. New Delhi: Discovery Publishing House.

Tait, S. L. (2008). Self-efficacy in mathematics: Affective, cognitive, and conative domains of functioning. Proceedings of the 31st Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia. Merga Inc.

Tamuri, H. (2005). Permasalahan pelajar-pelajar fakir miskin di daerah Sabak Bernam. Jurnal Pendidikan, Vol 30. 21-33.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children, a source book. Blomington, Indiana: Indiana University.

Margolis, H., & McCabe, P. P. (2006). Improving self-efficacy and motivation: What to do, what to say. Intervention in School and Clinic. 41, 4; ProQuest. pg. 218-227.

Zimmermann, M., Bescherer, C., & Spannagel, C. (2011). A questionaire for surveying mathematics self-efficacy expectations of future teachers. Article of German Federal Ministry of Education and Research.

Share

COinS