•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase banyaknya guru matematika SMP di Kabupaten Wonosobo yang memahami, melaksanakan, dan mengalami kesulitan pada kegiatan pengembangan profesi guru dan upaya yang telah dilakukan untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian descriptive dengan pendekatan survey. Populasi penelitian ini adalah guru matematika SMP di Kabupaten Wonosobo pada tahun pelajaran 2013/2014 yang sudah diangkat sebagai pegawai negeri sipil. Sampel diambil dengan menggunakan prosedur cluster random sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan quosioner. Teknik analisa data yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase banyaknya guru matematika SMP di Kabupaten Wonosobo yang memahami, melaksanakan, dan mengalami kesulitan pada kegiatan pengembangan profesi guru, masing-masing berada pada kategori sedang, sedikit, dan sangat sedikit. Selanjutnya, upaya yang telah dilakukan oleh guru matematika SMP di Kabupaten Wonosobo untuk mengatasi kesulitan dalam melaksanakan kegiatan pengembangan profesi diantaranya adalah melaksanakan studi lanjut ke jenjang yang lebih banyak.

Kata Kunci: kesulitan guru matematika SMP, kegiatan pengembangan profesi guru

Page Range

202-215

Issue

2

Volume

1

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v1i2.2676

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2676

References

Al-Albani, M.N., (2004). Shahih Al- Jami' AshShaghir. Edisi III. (Terjemahan lmran Rosadi & Andi Arlin). Damaskus: Al Maktab Al lslami (Buku asli terbit tahun 1988)

Brundrett, M., & Silcock, P. (2002). Achieving competence,success and excellence in teaching. London and New York: Routledge Falmer.

Days, C. (2002). Developing teachers:the challenges of lifelong learning. London: Falmer Press.

Depdiknas. (2009). Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Desimone, L.M., et.al, (2002). Effects of Professional Development on Teachers' Instruction: Results from a Three-year Longitudinal Study. American Educational Research Association, Vol. 24, No. 2, pp. 81-112. (http://www.jstor.org/stable/3594138)

Direktorat jenderal PMPTK, Kemendiknas. (2010a). Pedoman pengelolaa pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jakarta: Direktorat Profesi Pendidik.

Direktorat Jenderal PMPTK, Kemendiknas..(2010b). Pedoman pelaksanaan penilaian kinerja guru. Jakarta: Direktorat Profesi Pendidik.

Ebel, R.I, & Frisbie, D.A. (1986). Essencial of educational measurement (4th ed). Engle Wood: Prentice-Hell, Inc.

Francis, N. (2012). Bilingual competence and bilingual profi ciency in child development. England: The MIT Press.

Garet, M.S., et.al. (2014). What makes professional development effective? results from a national sample of teachers. American Educational Research Journal Winter 2001, Vol. 38, No. 4, pp. 915945

Hatta, A. (2009). Tafsir qur’an perkata dilengkapi dengan asbabun nuzul & terjemah. Jakarta: Maghfirah Pustaka.

Hidayatullah, F. (2009). Guru sejati membangun insan berkarakter, kuat dan cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka

Leikin, R & Zazkis, R. (2010). Learning through teaching mathematics development of Teachers’ knowledge and expertise in practice. London: Springer Science Business Media.

Mahsunah, D., etc all (2012). Kebijakan pengembangan profesi guru. Jakarta: Badan PSDMPK-PMP

Mundry, S. (2005). What Experience Has Taught Us About Professional Development. U.S. Department of Education, under grant numbers R319A000001, 2, 4, 6, 7, 9, 10, 11, 12, and 13; and contract number RJ9707001

Republik Indonesia. (2005). Undang-undang Republik Indonesia nomor 14, tahun 2005, tentang guru dan dosen.

Taylor, I. (2007). A practical guide to assessment centres and selection methods. London and Philadelphia: Kogan Page Limited.

Winterton, J., & Winterton, R. (2002). Developing managerial competence. London and New York: Routledge.

Yulaelawati, E. (2009). Kurikulum dan pembelajaran, filosofi teori dan aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.

Share

COinS