Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan hasil pengembangan perangkat pembelajaran Teorema Pythagoras dengan pendekatan IDEAL berbantuan GeoGebra ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4-D dari Thiagarajan, Semmel, & Semmel. Tahapannya meliputi define, design, develop, dan disseminate. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pati dengan satu kelas uji coba yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan penyelesaian masalah (TKPM), angket motivasi, lembar validasi, dan lembar penilaian guru dan siswa. Instrumen TKPM digunakan untuk mengetahui prestasi dan daya serap siswa, angket motivasi untuk mengetahui skor motivasi belajar matematika siswa, lembar validasi untuk mengetahui kevalidan produk yang dikembangkan, dan lembar penilaian oleh guru dan siswa untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk yang dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa silabus, RPP, dan LKS sangat valid; (2) produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis bagi guru dan siswa; dan (3) produk perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria sangat efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa, sebanyak 83,33% siswa berhasil mencapai KKM yang ditetapkan dan 87,5% siswa memiliki motivasi belajar matematika yang tinggi.
Kata Kunci: Teorema Pythagoras, IDEAL, GeoGebra
Page Range
269-284
Issue
2
Volume
1
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jrpm.v1i2.2681
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2681
Recommended Citation
Fitriyani, W., & Sugiman, S. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEOREMA PYTHAGORAS DENGAN PENDEKATAN IDEAL BERBANTUAN GEOGEBRA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 269-284. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2681
References
Alderman, M. K. (2004). Motivation for achievement, possibilities for teaching and learning. London: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Allen, M. J. & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Monterey, California: Brooks/Cole Publishing Company.
Azwar, S. (2013). Tes prestasi: fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bailey, et al. (2006). Mathematics: Application and concepts course 2. New York: Glencoe/McGraw-Hill.
Blum, W., & M. Niss. (1991). Applied mathematical problem solving, modeling, applications, and links to other subjects: state, trends and issues in mathematics instruction. Educational Studies in Mathematics, 22, 37-68.
Bransford , J., & Stein, B.S. (1993). The IDEAL problem solver: A guide for improving thinking, learning, and creativity (2nd ed). New York: W.H. Freeman.
Brookhart, S. (2010). How to assess higherorder thinking skills in your classroom. Alexandria, VA: ASCD.
Chambers, P. (2008). Teaching mathematics. Chennai, New Delhi: C&M Digitals Ltd. Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, tentang Standar Isi.
Depdiknas. (2008). Panduan umum pengembangan silabus. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Gage, N. L., & Berliner, D. C. (1984). Educational psychology (3rd ed). Boston, Massachusetts: Houghton Mifflin Company.
Gantert, A. X. (2007). Integrated algebra 1. New York: Amsco School Publications, Inc.
Haciomeroglu, E. S. (2011). Visualization through dynamic GeoGebra illustration. Dalam Lingguo Bu & Robert Schoen (Eds), Pathways to Mathematical Understanding Using GeoGebra (pp 133-144). Rotterdam: Sense Publisher.
Henton, J., Baden, R. M., & Kieren, D. (1979). Problem solving in the classroom. The Family Coordinator, 28, 61-66.
Iranzo, N., & Fortuny, M. (2011). Influences of GeoGebra on problem solving strategies. Dalam Lingguo Bu & Robert Schoen (Eds), Pathways to Mathematical Understanding Using GeoGebra (pp 91103). Rotterdam: Sense Publisher.
Karadag, Z. & McDougall, D. (2011). GeoGebra as a cognitive tool. Dalam Lingguo Bu & Robert Schoen (Eds), Pathways to Mathematical Understanding Using GeoGebra (pp 169-181). Rotterdam: Sense Publisher.
Kirkley, J. (2003). Principles for teaching problem solving. Indiana: Plato Learning Inc. Available at http://www.cimm.ucr.ac.cr/rsoluciondep ro-blemas/PDFs/Kirkley,%20Jamie. %202003.pdf. Diakses tanggal 23 November 2013.
Nunn, G. D. & McMahan, K. (2000). Ideal problem solving using a collaborative effort for special needs and at-risk students. Education, 121, 305-312.
Polya, G. (2004). How to solve It? (2nd ed.). Princeton: Princeton University Press
Posamentier, A. S. & Krulik, S. (2009). Problem solving in mathematics, grade 3-6: Powerful strategies to deepen understanding. Thousand Oaks, California: Corwin.
Schoenfeld, A. H. (2013). Reflections on problem solving theory and practice. The Mathematics Enthusiast, 10, 9-34.
Schoenfeld, A. H. (1985). Mathematical problem solving. London: Academic Press Inc. Ltd.
Schoenfeld, A. H. (1980). Teaching problemsolving skills. New York: Departement of Mathematics, Hamilton College. Available at Error! Hyperlink reference not valid.. Diakses tanggal 20 Juni 2013.
Schraw, G., Dunkle, M. E., & Bendixen, L. D. (1995). Cognitive processes in welldefined and ill-defined problem solving. Applied Cognitive Psychology, 9, 523538.
Schunk, D. H. (2012). Teori-teori Pembelajaran: perspektif pendidikan (edisi 6). (Terjemahan Eva Hamdiah & Rahmat Fajar). Boston, Massachusetts: Pearson Education Inc. (buku asli diterbitkan tahun 2012).
Skemp, R. R. (1971). The psychology of learning mathematics. Ringwood, Victoria: Penguin Books Ltd.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: a sourcebook. Washington, DC: Indiana University.