Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kalkulus SMA kelas XI semester 2 dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TAI yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, serta mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut, berdasarkan pada kriteria dari Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi tahap pendefinisian, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Pengembangan perangkat dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk. Uji coba dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu uji coba/validasi ahli dan praktisi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran kalkulus SMA yang berkualitas dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Masing-masing komponen perangkat pembelajaran tersebut memenuhi kriteria sangat valid, praktis dan efektif.
Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, pembelajaran kooperatif
Page Range
258-268
Issue
2
Volume
1
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jrpm.v1i2.2680
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2680
Recommended Citation
Sumarno, S., & Wustqa, D. U. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK KALKULUS SMA KELAS XI SEMESTER 2. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 258-268. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2680
References
Anderson, L.M. (2001). Nine prospective teachers and their experiences in teacher education: the role of entering conceptions of teaching and learning. Dalam Torff, B. & Sternberg, R.J. (Eds.), Understanding and Teaching the Intuitive Mind: Student and Teacher Learning (pp. 187-215). London: Lawrence Erlbaum Associates.
BNSP. (2006a). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BSNP
BNSP. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas
Borich, G.D. (2000). Effective teaching methods (4th ed). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
Depdiknas. (2008e). Teknis penyusunan RPP pada sekolah menengah kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Depdiknas. (2010). Juknis penyusunan perangkat penilaian afektif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Harjanto. (2003). Perencanaan Pengajaran Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kennedy, M.L., Tipps, S,. & Johnson, A. (2008). Guiding children’s learning of mathematics. New York, NY: Thomson Higher Education.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. London: Kluwer Academic Publisher. Dalam Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., et al. (Eds.), Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 126-135). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers. O’Brien, J.G., Millis, B.J, & Cohen, M.W. (2008). The course syllabus a learning centered approach. San Fransisco, CA: Josey Bass.
Partin, R. (2009). The classroom teacher’s survival guide (3thed). San Fransisco, CA: John Wiley & Sons.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional. Diambil pada tanggal 12 November 2012, dari http://www.presidenri.go.id/ DokumenUU.php/104.pdf
Prescott, A. (2011). Are we singing from the same songbook? Dalam Sandy Schuck, S. & Pereira, P. (Eds.), What Counts in Teaching Mathematics, (pp. 161-176). New York, NY: Springer
Slavin. (1995). Cooperative learning (2nd ed.). Boston, MA: Allyn and Bacon.
Steinbring, H. (2005). The construction of new mathematical knowledge in classroom interaction: an epistemological perspective. New York, NY: Springer Science+Business Media.
Thiagarajan S., Semmel D., & Semmel, M.I. (1974). Intructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Minnesota: Central for Innovation on Teaching the Handicaped.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana