•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi, self-efficacy, dan latar belakang pendidikan terhadap prestasi matematika mahasiswa PGSD dan PGMI. (2) perbedaan pengaruh motivasi, self-efficacy, dan latar belakang pendidikan terhadap prestasi matematika mahasiswa PGSD dan PGMI. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Rata-rata prestasi belajar matematika mahasiswa PGSD 57,95 (cukup) dan PGMI 50,93 (rendah); rata-rata motivasi mahasiswa PGSD 110 (tinggi) dan PGMI 99,57 (sedang); rata-rata self-efficacy mahasiswa PGSD 86,61 (tinggi) dan PGMI 81,55 (tinggi). (2) Motivasi, self-efficacy dan latar belakang pendidikan secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi matematika mahasiswa PGSD dan PGMI. Berdasarkan hasil uji-t, motivasi dan self-efficacy masing-masing berpengaruh terhadap prestasi matematika mahasiswa PGSD dan PGMI sedangkan latar belakang pendidikan tidak berpengaruh terhadap prestasi matematika mereka. (3) Uji kesamaan menunjukkan ada perbedaan pengaruh motivasi dan self-efficacy terhadap prestasi matematika mahasiswa PGSD dan PGMI.

Kata kunci: motivasi, self-efficacy, latar belakang pendidikan, prestasi matematika

Page Range

77-87

Issue

1

Volume

1

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v1i1.2666

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2666

References

Arends, R.L., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning becoming an accomplished teacher. New York, NY: Routledge Published.

Azwar, Saifuddin (2012). Tes prestasi, fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Bandura, A (1997). Self-efficacy in changing societies. New York, NY: W.H. Freeman and Company

Berk, L.E. (2008). Infants, children, and adolesents sixt edition. Boston, MA: Pearson Education, Inc.

Brown, T., & McNamara, O. (2005). New teacher identity and regulative Government the discursive formation of primary mathematics teacher education. New York. NY: Springer Science Business Media, Inc.

Friedman, H.S dan Schustack, M.W. (2008). Keperibadian teori klasik dan riset modern. (Terjemahan Firansiska Dian Ikarini, Maria Hany, & Andreas Provita Prima). Upper Saddle River. NJ: Pearson Education, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2006)

Kahn, P & Kyle, J. (ed.) (2005). Effective learning & teaching in mathematics & its application. London: Stylus Publishing Inc

Kleinbaum, et.al (2008). Applied regression analysis and other multivariable method. Belmont, CA: Thomson Higher Education

NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Santrock, J.W. (2008) Life-span development elevent edition. New York, NY: McGraw-Hill Companies,Inc

Santrock, J.W. (2011). Psikologi pendidikan edisi ke 2 (terjemahan Tri Wibowo). New York, NY: McGraw-Hill Companies. (Buku asli diterbitkan tahun 2004)

Santrock, J.W. (2011b). Educational psychology fifth edition. New York, NY: McGrawHill Companies

Schunk, D. H. (2012). Lerning theories (sixth edition). Boston, MA: Pearson Education, Inc.

Schwan, G.R. (Desember 2002). Achievement of learning standards as outcomes of services. Diambil pada tanggal 7 April 2013 dari http://sspw.dpi.wi.gov/files/ sspw/pdf/sswartic.pdf

Skemp, R.R. (1971). The psychology of learning mathematics. Harmondsworth Middlesex: Penguin Books.

Suharningsih (2010). Optimalisasi kinerja guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Paedagogia jilid 13, Nomor 2 Agustus 2010 halaman 103- 114 .

Suherman, Erman et.al (2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA UPI

Stevens, J.P. (2009). Applied multivariate statistics for the social science fifth edition. New York, NY: Routledge Taylor & Francis Group

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Van de Walle, J.A (2007). Elementary and middle school mathematics teaching development. Boston, MA: Pearson Education, Inc

Wade, C & Tavris, C. (2007). Psokologi edisi kesembilan. (terjemahan oleh Padang mursalin & Dinastuti). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2006)

Wade, C & Tavris, C. (2011). Psycology. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Waege, K. (January 2009). Motivation for learning mathematics in terms of needs and goals. Proceedings of CERME 6, January 28th-February 1st 2009, Lyon France © INRP 2010 diakses pada 7 April 2013 www.inrp.fr/editions/cerme6

Woolfolk, A, (2007). Educational psychology tenth edition. Boston, MA: Pearson Education, Inc

Zimmerman, B J., Sebastian, B, & Robert K. (1996) Developing self-regulated learners beyond achievement to self efficacy. Washington, DC: American Psychological Association

Share

COinS