Document Type
Article
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika smk kelas xI jurusan akuntansi dengan pendekatan pembelajaran kontekstual yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah research & development (R&D). Penelitian mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model Borg & Gall. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif adalah studi pendahuluan, desain produk, uji ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek uji coba penelitian ini terdiri atas delapan siswa pada uji coba terbatas, 16 siswa pada uji coba lapangan dan dua guru kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK 17 Seyegan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB) yang valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing RPP, LKS, dan THB valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan pembelajaran kontekstual
Page Range
69-76
Issue
1
Volume
1
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jrpm.v1i1.2665
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2665
Recommended Citation
Suhartini, S., & Santoso, R. H. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SMK JURUSAN AKUNTANSI DI SLEMAN DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 69-76. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2665
References
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007a). Peraturan menteri pendidikan nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses. Jakarta: Depdiknas.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006b). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah (Standar kompetensi dan kompetensi dasar SMK/MAK). Jakarta: BSNP
Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Subdit Pembelajaran.
Masnur Muslich. (2007). KTSP (Kurikulum tingkat satuan pendidikan) dasar pemahaman dan pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara
Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. London: Kluwer Academic Publisher. Dalam Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., et al. (Eds.), Design approaches and tools in education and training (pp. 126-135). Dordrecht, The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional. Diakses tanggal 12 Juli 2011, dari Error! Hyperlink reference not valid..
Pusat Penelitian Pendidikan. (2011). Laporan hasil dan statistik nilai ujian nasional tahun pelajaran 2010/2011. Departemen Pendidikan Nasional
Sanjaya, Wina. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Suhadi. (2007). Penyusunan perangkat pembelajaran dalam kegiatan lesson study. Diakses tanggal 13 September 2011 dari http://suhadinet.wordpress.com/2008/05/ 28/penyusunan-perangkat-perangkatpembelajaran-dalam-kegiatan-lessonstudy/.