•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat pemahaman guru Matematika SMP tentang KTSP; (2) pelaksanaan KTSP mata pelajaran Matematika SMP di Kota Yogyakarta, yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi formatif yang dikembangkan oleh Scriven. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Matematika SMP di Kota Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah 24, yaitu 14 guru Matematika SMP Negeri di Kota Yogyakarta dan 10 guru Matematika SMP Swasta di Kota Yogyakarta yang ditentukan dengan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket, panduan observasi, panduan wawancara dan dokumen. Teknik triangulasi digunakan untuk menganalisis data yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman guru Matematika SMP di Kota Yogyakarta terhadap KTSP dalam kategori cukup baik; (2) perencanaan pembelajaran berada pada kategori baik; (3) pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik; dan (4) hasil penilaian pembelajaran berada pada kategori baik.

Kata kunci: pemahaman KTSP, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran

Page Range

58-68

Issue

1

Volume

1

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v1i1.2664

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2664

References

Arifin, Zainal (2011). Konsep dan model pengembangan kurikulum: konsep, teori, prosedur, komponen, pendekatan, model, evaluasi, dan inovasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Azwar, Saifuddin. (2010). Tes prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BSNP. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta.

BSNP (2006). Stándar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah: stándar kompetensi dan kompetensi dasar SMP/MTs. Jakarta

BSNP. (2007). Peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia nomor 20 tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan. Jakarta: BSNP.

BSNP. (2007). Peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BSNP.

Bender, F. (2010). Universal design for instruction and instructional planning. Disability service News Promoting Accessible Education, Vol 2 Issue 2, 1-3

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Depdiknas . (2005). Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005, tentang standar nasional pendidikan.

Dick, W., Carey, L., Carey, J. O. (2001). The systematic design of instruction. New York: Addison-Weley Educational Publisher Inc.

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2008). Panduan umum pengembangan silabus. Departemen Pendidikan Nasional.

Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Graff, J. G., Ratcliff, J. L., and Associates (1997). Handbook of the undergraduate curriculum: a comprehensive guide to purpose, structures, and change. San Fransisco, California: Jossey-Bass Inc.

Grouws, D. A. (1992). Handbook of research on mathematics teaching and learning. New York: Macmillan Publishing Company.

Hasan, S. Hamid. (2009). Evaluasi kurikulum.Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Harlen, W. (2007). Assesment of learning. Thousand Oaks, California: SAGE Publications.

Howell, K. W., & Nolet, V. (2000). Curriculum based evaluation: teaching and decision making (3rd ed). Scarborough, Ontario, Canada: Wadsworth Thompson Learning.

Ibnu, Suhadi. (2007). Menyikapi KTSP sebagai tantangan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih baik: Jurnal Pendidikan Inovatif Volume 2, Nomor 2, Edisi Maret.

Jaedun, Amat. (2010). Model assesmen kinerja sekolah berbasis peserta didik. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan tahun 14, No I. hal 104.

Johnson, D.W., & Johnson, R.T. (2002). Meaningful assesment a manageable and cooperatif process. Boston, Massachusetts: Allyn And Bacon.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2004). Models of teaching (seventh edition). Boston, Massachusetts: Pearson Education, inc.

Kunandar. (2007). Guru profesional implementasi kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lamprianou, I & Athanasou, J. A. (2009). A theacers guide to educational assesment (revised edition). Rotterdam, Netherlans: Sense Publisher.

Lovat, T.J & Smith, David L. (2006). Curriculum action on reflection (4th ed). South Melbourne, Victoria: Social Science Press.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1992) Analisis data kualitatif, terjemahan Tjejep Rohendi Rohadi, Jakarta: UI Press.

Mulyasa, E. (2008). Kurikulum tingkat satuan pendidikan suatu panduan praktis. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nitko, A.J., & Brookhart, S. M. (2007). Educational asessment of students. (5th ed) Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Educational.

Parkay, F.W., Hass, G.J., Anctil, E.J. (2010). Curriculum leadership reading for developing quality educational programs (9th ed). Boston, MA: Pearson.

Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departeman Pendidikan Nasional. (2008). Evaluasi pelaksanaan KTSP oleh tim pengembang kurikulum propinsi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departeman Pendidikan Nasional. (2007). Kajian kebijakan kurikulum mata pelajaran matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran: teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Scleigh, S. P., Bosse, M. J., Lee, T. (2011). Redefining curriculum integration and professional development: in-service teachers as agent of change [versi elektronik]. Current Issues in Education, Volume 14, Number 3, 1-14.

Suratno.(2009). Assesmen teman sejawat pada pembelajaran kolaboratif pemecahan masalah akuntasi perusahaan jasa: Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan tahun 13, no.2. hal 201.

Susetyo, Budi. (2008). Penilaian hasil pembelajaran kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) disampaikan dalam rangka seminar nasional penilaian pembelajaran dalam kontek KTSP.Lampung : pp.6-11.

Share

COinS