•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran geometri SMP yang berkualitas baik/layak digunakan dalam proses pembelajaran dan mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan perangkat pembelajaran tersebut. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan pada kriteria dari Nieveen, yaitu valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Dick & Carey. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi (1) analisis kebutuhan dan perumusan tujuan; (2) pengembangan produk; (3) validasi, uji coba, dan revisi; serta (4) kajian produk akhir. Uji coba dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu (1) uji coba/validasi ahli; (2) uji coba skala kecil; dan (3) uji coba skala besar/lapangan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran geometri SMP yang berkualitas dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Masing-masing komponen perangkat pembelajaran tersebut memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis dan efektif.

Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, geometri SMP, penemuan terbimbing

Page Range

127-138

Issue

1

Volume

1

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jrpm.v1i1.2670

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2670

References

Alfieri, L., et.al, (2011). Does discovery-based instruction enhance learning? Journal of Educational Psychology, Vol. 103, No. 1, 1-18.

Altman, H.B., & Cashin, W.E. (1992). Writing a syllabus. Idea Paper, No. 27, Kansas State University.

Azwar, S. (1996). Tes prestasi-fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar (Edisi II). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

BSNP. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

BSNP. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41, Tahun 2007, tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

Depdiknas (2002). Pendekatan kontekstual (Contextual teaching and learning (CTL)). Dirjendikdasmen-Direktorat PLP: Jakarta.

Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19, Tahun 2005, tentang standar nasional pendidikan.

Depdiknas. (2008). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jakarta: Dirjendikdasmen.

Disdikpora. (2011). Dokumen laporan penggunaan blockgrant pemberdayaan tahun 2011. Kabupaten Magelang: MGMP Matematika.

Dick, W., Carey, L. (1978). The systematics design of instruction (6 thed.). Oakland, NJ.,: Scot, Foresman and Company.

Ediger, M., & Rao, D. B. (2010). Effective school curriculum. New Delhi: Arora Offset Press.

Krismanto, Al. (2003). Beberapa teknik, model, dan strategi dalam pembelajaran matematika. Tersedia: http://www.p4tkmatematika.org (Diakses tanggal 17 Maret 2011)

Lestari, S. (2008). Metode pembelajaran discovery dengan pendekatan konstruktivis untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Samarinda. Jurnal Didaktika, Volume 9 Nomor 3.

Moon, B., Mayes, A. S., & Hutchinson, S. (Ed.). (2002). Teaching, learning and the curriculum in secondary school. New York: RoutledeFalmer.

Moursund, D. (2012: 11). Good math lesson planning and implementation. Tersedia: http://i-a-e.org/downloads/ doc_download/230-good-mathlessonplans.html (diunduh tanggal 8 Agustus 2012).

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston: NCTM.

Nitko, A.J., & Brookhart, S.M. (2011). Educational assessment of students. USA: Pearson.

O’Brien, J., D., Millis, B. J., & Cohan, M., W. (2008). The course syllabus (2 nd ed.). San Fransisco: John Wiley & Sons, Inc.

Singer, A., J. (2003). Teaching to Learn, Learning to Teach-A Handbook for Secondary School Teachers. New Jersey: LEA.

Suck, S., & Pereira, P. (Ed.). (2011). What counts in teaching mathematics. London: Springer.

Westwood, P. (2008). What teachers need to know about teaching methods. Camberwell Victoria: ACER Press.

Van de Wale, J. A., Karp, K. S., & BayWilliams, J. M. (2010). Elementary and Middle School Mathematics-Teaching Developmentally (7 th ed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Share

COinS