PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Keywords
Hasil belajar, aplikasi moodle, aplikasi powerpoint
Document Type
Article
Abstract
Pengaruh pembelajaran matematika dengan aplikasi moodle terhadap hasil belajar siswa dibahasdisini. Dalam penelitian ini quasi eksperimen digunakan dengan dua kelompok. Kelompok eksperimendiberikan pembelajaran dengan apliksi moodle dan kelompok control diberikan pembelajaran denganaplikasi power point. Hasil pengujian hipotesis cukup signifikan pada taraf nyata 5%. Hasil inimenunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan aplikasi moodle lebih besardaripada hasil belajar siswa yang pembelajarannya mnggunakan aplikasi powerpoint. Hal ini dapatdiinterpretasikan bahwa penerapan aplikasi moodle dalam pembelajaran matematika dapat mempengaruhihasil belajar mereka. Penerapan aplikasi moodle dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.Keywords: Hasil belajar, aplikasi moodle, aplikasi powerpoint,
Page Range
73-82
Issue
1
Volume
7
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pg.v7i1.2838
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/2838
Recommended Citation
Muin, A., & Ulfah, R. M. (2012). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWADENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASIMOODLE. PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 73-82. https://doi.org/10.21831/pg.v7i1.2838
References
Anwas, M Oos. (2003).Model inovasi e-learning dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Teknodik, Jakarta: Pustekom
Juliawan (-). Moodle: aplikasi e-learning untuk pengembangan pembelajaran. Diambil pada tanggal 17 Oktober 2009 dari http://www/.dhaksa.web.id/manuskrip.php?baca=34
Munadi, Yudhi(2008). Media Pembelajaran. Cet.I. Jakarta: GP Press.
Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Cet.I Bandung: Alfabeta.
Munir (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Bandung: Alfabeta.
Pepen, P (2009). E-Learning, Sistem Manajemen Pembelajaran Online.Diambil pada tanggal 10 Oktober 2009 dari http://jerman.upi.edu/v2/index.php?option=com_content&view=article&id=61.
Purwanto, Ngalim (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ronaldo, Nova (2011). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Media CAI (Computer-Assisted Instruction) dengan Tipe Tutorial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi S1 tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Jakarta
Sofyan, Ahmad (2006). Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi, Jakarta: UIN Jakarta Press.
Subana dan Sudrajat (2009). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Cet. III. Bandung: Pustaka Setia.
Sudrajat, A (2008). Media Pembelajaran. Diambil pada tanggal 12 Oktober 2010 dari http://www.akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/media-pembelajaran/
Zakaria, Effandi (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Utusan Publications.