•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu deskripsi tingkat-tingkat berpikir mahasiswa dalam menterjemahkan pernyataan matematis berkuantor universal dari bentuk kalimat biasa menjadi bentuk kalimat formal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif diskriptif. Subjek penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP semester I Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan tahun 2006, yang berjumlah 46 orang. Data bersifat kualitatif, yaitu berupa jawaban oleh mahasiswa terhadap soal yang diberikan. Data dianalisis secara kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, kategorisasi data, dan sintesisasi. Hasil penelitian mengindikasikan adanya 7 tingkat berpikir mahasiswa sebagai berikut: Tingkat-0: Tidak ada gagasan dalam menerjemahkan; Tingkat-1: Kalimat formal tidak menyatakan pernyataan berkuantor universal atau menyatakan pernyataan berkuantor universal tetapi tidak bermakna; Tingkat-2: Kalimat formal menyatakan pernyataan berkuantor yang bermakna tetapi tidak sesuai dengan makna soal karena kuantor universal tidak sesuai; Tingkat-3: Kalimat formal menyatakan pernyataan berkuantor yang bermakna tetapi tidak sesuai dengan makna soal karena penulisan predikat tidak tepat; Tingkat-4: Kalimat formal menyatakan pernyataan berkuantor universal yang bermakna dan sesuai dengan makna soal, tetapi semesta tidak ditulis atau semesta kurang tepat; Tingkat-5: Kalimat formal menyatakan pernyataan berkuantor universal yang bermakna dan sesuai dengan makna soal, tetapi penulisan predikat kurang tepat; Tingkat-6: Kalimat formal menyatakan pernyataan berkuantor universal bermakna dan sesuai dengan makna soal dengan tepat.

Kata kunci : tingkat berpikir, pernyataan berkuantor, logika matematik.

Page Range

13-24

Issue

1

Volume

5

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v5i1.554

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/554

References

Biggs, J. & Collis, K.F. 1982. Evaluating the Quality of Learning: The SOLO Taxonomy. New York: Academic Press.

Epp, Susanna S. 2003. The Role of Logic in Teaching Proof. American Mathematical Montly, 110 (10) h. 886-899.

Moleong, L.J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: 2006.

Solso, R.L. 1991. Cognitive Psychology. Third Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Susento. 2006. Mekanisme Interaksi antara Pengalaman Kultural-matematis, Proses Kognitif dan Topangan dalam Proses Reinvensi Terbimbing. Disertasi Doktor. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Share

COinS