•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Keywords

Kreativitas, Matematika, SMP Bilingual

Document Type

Article

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Matematika di SMP bilingual yang mengembangkan kreativitas siswa. Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran yang mengembangkan metode yang mendorong siswa meningkat keaktifannya, memenuhi berbagai macam kebutuhan akademik siswa, mendorong siswa meningkat kemampuan penalaran Matematika dan strategi belajarnya, serta mengembangkan penggunaan alat peraga dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dalam bentuk studi lanjutan (follow up study). Penelitian dilaksanakan dengan diawali memilih 3 SMP Bilingual yang masing-masing mewakili 3 kabupaten atau kotamadya yang berbeda yaitu Bantul (SMP N I Bantul), Yogyakarta (SMP N 5 Yogyakarta), dan Kulonprogo (SMP N I Galur), kemudian tim peneliti dibantu 3 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika merencanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada tiap sekolah yang telah ditentukan dan dilaksanakan pada tahun 2008. Data pada masing-masing PTK dikumpulkan melalui instrumen yang disusun berdasarkan kajian teori tentang kreativitas siswa dalam belajar Matematika dari Shigeo Katagiri (2004) yang dituangkan dalam bentuk lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan model pembelajaran tipe think pair share dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas VIII Bilingual SMP Negeri 1 Bantul, dengan model cooperative learning tipe STAD dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam hal peningkatan pemenuhan kebutuhan akademik siswa dalam belajar matematika di kelas VIII Bilingual SMP Negeri 5 Yogyakarta, sedangkan penggunaan alat peraga menjadi salah satu metode yang dapat digunakan dalam rangka mengembangkan krativitas siswa khususnya dalam aspek penalaran Matematika dan strategi belajar Matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 1.

Page Range

74-90

Issue

2

Volume

4

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v4i2.563

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/563

References

Anita, Lie. 2002. Cooperative Learning: Mempraktikkan cooperative Learning di Ruangruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Bliss, et al. 1983. Qualitative Data Analysis for Educational Research. London: Croom Helm.

Brannen, J. 1992. Mixing Methods: Qualitative and Quantitative Research. Aldershot: Averbury.

Cohen, L. & Manion, L. 1994. Research Methods in Education: Fourth Edition. London: Routledge.

DGSE. 2002. Guideline of National Semiloka for Socialization the Development of Competent-Based Curriculum for Junior High School Mathematics in Yogyakarta. Jakarta: Department of National Education.

Djoko Iswadji. 1981. Petunjuk Penggunaan Beberapa Alat Peraga/Praktik Sederhana Bidang Studi Matematika untuk Sekolah Dasar. Jakarta: DEPDIKBUD.

Ebbutt, S. & Straker, A. 1995. Children and Mathematics', Mathematics in Primary School, Part 1. London: Collins Educational.

Eilen, T.P. et al. 1999. Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12. Reston: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.

Ernest, P. 1989. Mathematics Teaching: “The State of the Art”. London: The Falmer Press.

Ernest, P. 1991. The Philosophy of Mathematics Education. Hampshire: The Falmer Press.

Frans Susilo. 2007. Matematika Humanistik. Diakses dari http://109high.

blogspot.com/2007/02/mitos-matematika

Freudenthal, H. 1991. Revisiting Mathematics Education. China Lectures. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Gravemeijer, K.P.E. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD-ß

Grouws, A. D. & Cooney, J. T. 1988. Effective Mathematics Teaching: Volume 1”. Virginia: The NCTM, Inc.

Isoda, M. 2006. First Announcement : APEC-Tsukuba International Conference on Innovative Teaching Mathematics Through Lesson Study (II) – Focussing on Mathematical Thinking- December 2-7, 2006, Tokyo & Sapporo, Japan.

Katagiri S. 2004. Mathematical Thinking and How to Teach It. in Progress report of the APEC project: “Colaborative Studies on Innovations for Teaching and Learning Mathematics in Diferent Cultures (II) – Lesson Study focusing on Mathematical Thinking -”. Tokyo: CRICED, University of Tsukuba.

Lange, J. de. 2006. Mathematical Literacy for Living From OECD-PISA Perspective. Tokyo: Simposium on International Cooperation.

Marsigit. 2003. The Concept of Curriculum 2004 and Competent-Based Syllabus for Junior High School Mathematics. Paper: Presented at National Level of Training of Trainer (TOT) for Basic Science, in Yogyakarta, 15-20 December 2003.

Marsigit. 2003. The Concept of Curriculum 2004 and Competent-Based Syllabus for Junior High School Mathematics. Paper: Presented at National Level of Training of Trainer (TOT) for Basic Science, in Yogyakarta, 15-20 December 2003.

Marsigit. 2003. The Implementation Of Project Ctivities October To 20. 1998 September 2003, IMSTEP-JICA Project.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. London: Sage Publications.

Prihandoko, A.C. 2003. Alat Peraga Matematika. http://www.elearning.unej.ac.id/ courses/MPK004/document/.

Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn&Bacon.

Sutarto Hadi. 2004. Alat Peraga Murah dalam PMRI: Manik-Manik. Diakses dari http://pmri.or.id pada 25 April 2008.

TIMSS. 2005. Lessons from the World : What TIMSS Tells Us About Mathematics Achievement, Curriculum, and Instructio, National Center for Education Statistics (NCES), Retrieved 2005. http://nces.ed.gov/timss

Yin, R.K. 1993. Applications of Case Study Research: Applied Social Research Methods. Sage, Newbury Park, CA., Vol. 34.

Zulkardi. 2006. How to Design Mathematics Lessons based on the Realistic Approach? Retreived 2006. http//www.google.com

Share

COinS