PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Keywords
Geometri, soal Open Ended, berpikir tingkat tinggi, ketuntasan individu, ketuntasan klasikal
Document Type
Article
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui minat atau motivasi belajar siswa kelas 6 SD Buin Batu dalam pembelajaran Geometri dengan soal Open Ended menantang siswa berpikir tingkat tinggi (2) untuk mengetahui bagaimana tingkat prestasi belajar matematika siswa kelas 6 SD Buin Batu dalam pembelajaran Geometri dengan soal Open Ended menantang siswa berpikir tingkat tinggi. Adapun tempat penelitian di dalam kelas 6 SD Buin Batu untuk penelitian peningkatan prestasi belajar. Metode penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Tanggart dengan tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan serta refleksi untuk setiap siklus dan penelitian ini bersifat kolaboratif dengan Kepala sekolah sebagai observer di kelas 6 SD - 3 SMP Buin Batu Sumbawa Barat. Hasil pengolahan data untuk tiap siklus diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (a) untuk siklus pertama, dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu, terdapat 7 orang yang telah tuntas belajarnya secara individual dan 13 orang siswa yang tidak tuntas, sehingga secara klasikal terdapat 35 % dari seluruh siswa yang tuntas. Jadi penelitian ini perlu dilanjutkan dengan siklus selanjutnya, (b) dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu, terdapat 10 orang yang telah tuntas belajarnya secara individual dan 10 orang siswa yang tidak tuntas, sehingga secara klasikal terdapat 50 % dari seluruh siswa yang tuntas sehingga terdapat peningkatan sebesar 15 %. Jadi penelitian ini perlu dilanjutkan dengan siklus selanjutnya, (c) pada siklus ketiga (terakhir) dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu yang telah tuntas belajarnya 17 orang dan yang tidak tuntas 3 orang, sehingga pada siklus ini dihentikan penelitiannya karena terdapat 85 % secara klasikal telah tuntas belajarnya.
Page Range
1-13
Issue
2
Volume
4
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pg.v4i2.51
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/51
Recommended Citation
Ekowati, E., & Guntoro, K. (2008). Peningkatan Pembelajaran Geometri dengan Soal Open Ended Menantang Siswa Berpikir Tingkat Tinggi. PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 1-13. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.51
References
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: Balai Pustaka.
Priatna, N. 2004. Saya ingin pintar matematika. Bandung: Grafindo
Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
STRARS-C. 2001. Tujuh Prinsip CTL (Versi Transparansi). Surabaya: UNESA
Wardani, 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas terbuka
Zuhdan, K.P., dkk. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas terbuka