•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Document Type

Article

Abstract

Matematika adalah ilmu deduktif yang mengacu pada sistem aksiomatik dan taat azas serta memiliki objek yang abstrak yaitu berupa objek langsung dan objek tak langsung. Matematika merupakan suatu sarana yang dapat menumbuh kembangkan pola pikir logis, sistematis, kritis, objektif, rasional dan taat azas. Secara umum pekerjaan dalam matematika adalah menunjukkan dan membuktikan suatu kebenaran. Dengan keabstrakan objek dalam matematika, maka suatu hal yang wajar apabila dalam memahami suatu konsep dalam matematika akan memerlukan suatu analisis yang lebih dibanding dengan ilmu lain, dan kerap sekali siswa akan menemui kesulitan.
Kata kunci : matematika, deduktif, abstrak, pandangan, berguna

Page Range

67-73

Issue

1

Volume

4

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v4i1.688

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/688

References

Burns, M. 1986. Teaching “What To Do In Arithmetics”versusTeaching “What To Do And Why”. Education Leadership,43, 34-38.

Clark,C., Carter,B. & Sternberg, B. 1988. Math In Stride.Menlo Park: NCTM.

Hasratuddin. 2006. Aspek Aspek Domain Afektif Siswa SMP se Kota Medan. Laporan Penelitian. Medan: Universitas Negeri Medan.

Hudojo, Herman. 1998. Mengajar Belajar Matematika.Jakarta: P2LPTK.Lappan,G.

Schram. 1989. Comunication and Reasoning: Critical Dimension of Sense making mathematics. Yearbook. Ristoon, va: The NCTM.

Linquist, M.M. 1989. It is Time To Change. In trafrom, PR & Shulte AP. Yearbook. Ristoon, va: The NCTM.

Soedjadi, R. 2001. Nilai Nilai dalam Pendidikan Matematika dan Upaya Pembinaan Pribadi Anak Didik. Surabaya: Unesa.

Share

COinS