•  
  •  
 

PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan tujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY peserta kuliah Statistika Elementer semester Februari-Juni 2006 dalam membuat media kartun untuk pembelajaran Statistika dan Peluang di SMP dan SMA.Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, setelah mahasiswa memahami materi penyajian data yang disajikan menggunakan media kartun, mahasiswa diberi tugas membuat media kartun untuk pembelajaran Statistika di SMP dan SMA khusus materi penyajian data. Media kartun hasil karya mahasiswa ini selanjutnya dievaluasi oleh tim peneliti, terutama untuk kesesuaian media dengan jenjang pendidikan siswa dan kebenaran media dalam merepresentasikan materi, serta oleh pakar media di jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY terutama untuk segi keterbacaan, tampilan, estetika, dan kreativitasnya. Hasil evaluasi terhadap media kartun karya mahasiswa pada siklus pertama akan digunakan untuk masukan dalam pemberian tugas pada siklus kedua yaitu membuat media kartun untuk materi Peluang di SMP dan SMA setelah mahasiswa mendapat perkuliahan tentang materi Peluang yang juga disajikan dengan menggunakan media kartun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kegiatan pemberian contoh dan tugas membuat media kartun pada perkuliahan statistika elementer dapat menumbuhkan dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam membuat media kartun Statistika dan Peluang di SMP dan SMA yang tampak dari hasil penilaian terhadap media kartun hasil karya mahasiswa yakni rata-rata nilai untuk tugas pertama sebesar 8,9 dan tugas kedua sebesar 9,6. Kegiatan pengintegrasian pembuatan media dalam perkuliahan Statistika Elementer melalui pemberian contoh dan tugas tersebut dalam pelaksanannya dilakukan dengan senantiasa memberikan arahan dan panduan mengenai teknik pembuatannya terutama ketika perkuliahan dilakukan dengan menggunakan media kartun. Selain itu, secara keseluruhan 89,9% mahasiswa merespons baik kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Kata Kunci: Media kartun, Statistika dan Peluang.

Page Range

51-64

Issue

2

Volume

3

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pg.v3i2.677

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/677

References

Arief S. Sadiman. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2000). Media Pengajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Azwar, Saifudin. (1997). Reliabilitas dan Validitas. (edisi ke-3).Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Gonick, Larry & Smith, Wooolcott. (2002). Kartun Statistik. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Heinich, Robert et al. (1982). Instructional Media and The New Technologies of Instruction, JohnWiley & Sons. New York.

Kemp, Jer old E., (1975). Planning and Producing Audio-visual Techniques, Prentice- Hall Inc.

Minor, Ed and Harvey R.F., (1970). Techniques for Producing Visual Instructional Media, McGraw-Hill, Kogakusha, Ltd., Tokyo.

Nana S. & Ahmad R. (1991). Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru.

Suwarna, dkk. (2005). Pengajaran Mikro: Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana

Share

COinS